Air Terjun Joben – Hulu Sungai nya Lombok Timur

Desember 28, 2017
4 min read

Lombok Timur memiliki tanah yang subur serta air yang berlimpah.Ini kemudian menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang tentunya tinggal di Lombok Timur.

Jika kalian menjejakkan kaki dibawah gunung rinjani hal pertama yang akan dirasakan pada malam dan pagi hari adalah dinginnya udara yang sampai menusuk ke tulang, semakin siang udara akan menjadi semakin hangat dan sejuk, bahkan trik matahari menjadi tak terasa panas.

Berbeda halnya dengan tempat wisata yang satu ini. Tempat ini selalu mempunyai hawa yang sejuk dan dingin walaupun dalam keadaan musim panas disebut dengan wisata Air Terjun Otak Kokoq Joben.

mungkin bagi masyarakat Lombok, tempat ini sudah sangat familiar. Bagi mereka yang berasal dari luar Lombok mungkin belum terlalu mengenal kawasan air terjun ini.

Jadi, ketika kalian di Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi dan melihat keindahan serta merasakan manfaatnya. Jika kalian menggunakan paket wisata ke Lombok, tujuan air terjun ini adalah pilihan yang pas untuk sekedar memanjakan diri.

Objek wisata yang satu ini adalah sebuah pemandian sekaligus arena rekreasi keluarga yang sangat indah dan menyenangkan, kalian bisa mengajak keluarga besar maupun teman-teman untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Kawasan wisata ini berada di desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Untuk mengakses objek wisata ini sangat mudah,kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan waktu tempuh ke tempat wisata ini sekitar satu jam jika datang dari Selong,Lombok Timur.

Menuju ke perempatan masbagik dan belok kiri,,setelah sampai di perempatan paok motong, tinggal belok kanan saja dan lurus sampai menemukan penunjuk arah ke wisata yang berada di desa montong betok.

Bisa dibayangkan tuh jika ada kolam renang ditengah hutan dengan suara dua air terjun yang menambah suasana di lokasi tersebut semakin menarik untuk dikunjungi.

Bagi mayoritas masyarakat Lombok Timur pasti sudah mengenal dekat dengan salah satu tempat wisata ini, yaitu kolam renang dan air terjun otak kokoq joben.

Nama ini berasal dari bahasa sasak yang merupakan bahasa orang Lombok. otak artinya kepala, kokoq artinya sungai/kali, sedangkan joben adalah nama daerah tersebut.

Jadi maksudnya adalah air yang terdapat di kawasan wisata ini adalah alami karena langsung dari mata air dibawah kaki gunung rinjani.

Di tempat ini terdapat dua buah air terjun dan kedua air terjun ini tidak sama deras alirannya.Air terjun yang paling banyak diminati adalah air terjun yang aliran deras dan membentuk kolam dibawahnya.

Pada umumnya para wisatawan telah mengantri bergantian untuk dapat menikmati deras dan dinginnya air terjun tersebut.

Tiket masuk ke lokasi ini adalah Rp. 5000 per orang dan kebetulan pada saat saya datang mengunjungi tempat wisata ini, saya tidak membeli tiket dan diberikan masuk secara gratis.

Selain kolam yang berada di bawah air terjun, di sekitar kawasan air terjun juga dibangun kolam renang, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Kolam untuk anak-anak dibuat lebih kecil dan dangkal sehingga usia berapapun mereka cukup aman bermain disana.

Ditempat ini tidak ada peraturan untuk menggunakan pakaian renang untuk berenang di kolam, jadi pakaian apapun bebas masuk dalam kolam renang.

Jangan khawatir, jika ingin mengganti baju anda, telah di sediakan tempat yang khusus bagi laki-laki maupun perempuan dengan tarif masuk ke toilet tersebut Rp. 2000.

Selain itu , didalam kawasan wisata ini juga terdapat beberapa berugak atau gazebo yang berdampingan dengan warung kecil untuk membeli makan atau minuman.

Makanan dan minuman ini juga djual dengan harga terjangkau untuk mengisi perut seusai berenang di kolam maupun mandi di air terjunnya.

Adapun pedagang kaki lima diperbolehkan untuk berjualan disini. Aturan yang diterapkan dikawasan ini juga tidak terlalu ketat.

Selain itu, air terjun otak kokok joben ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber air bersih dan air ini juga digunaan sebagai irigasi untuk mengairi sawah yang ada di sekitar tempat wisata air terjun ini.

So buat kalian yang kepengen banget berkunjung ke tempat wisata ini bersiap-siaplah untuk menikmati hawa sejuk dan merasakan segarnya air terjun otak kokoq joben.

Yuk ke Lombok, dijamin pasti betah