Wisata Alam Air Terjun Semporonan Timba Nuh Lombok Timur

Februari 3, 2017
4 min read

Eksis menjadi destinasi wisata dengan spot-spot wisata alam lengkap menjadikan Lombok destinasi wisata favorit travelers, apalagi saya. Belasan spot pantai-pantai cantik, air terjun serta tentu saja lansekap menawan si 3726 mdpl Rinjani.

Rasanya tak habis-habis kunjungi destinasi-destinasi wisata cantik ini dan menuliskannya menjadi rujukan trip travelers.

Dari sekian banyak destinasi air terjun, Semporonan yang berlokasi di desa Timba Nuh kecamatan Pringgasela Lombok Timur satu dari banyak air terjun lainnya yang aksesnya cukup mudah.

Menjadikan spot cantik ini menjadi spot yang bisa dikunjungi bersama-sama dengan keluarga besar. Atau alternatif spot, bersama-sama dengan kunjungan ke destinasi wisata menarik lainnya di Lombok Timur.

Saat ini, berkunjung ke destinasi wisata alam mana pun di Lombok relatif semakin nyaman. Jalan-jalan beraspal mulus, menghubungkan antar spot-spot wisata alam lebih dekat dari masa kecil saya dulu.

Memungkinkan travelers dari segala lapisan usia bisa nikmati spot-spot cantik serta terbaik di momen berlibur mereka atau sekadar habiskan weekend singkat bersama keluarga.

Dua tahun terakhir makin rajin trip ke banyak spot-spot wisata di Lombok demi apdet destinasi terbaik bagi travelers, saya selalu saja masih terkesan pengalaman bertemu dengan banyak keluarga di masing-masing spot.

Sungguh membangkitkan kenangan baik tentang banyak trip wisata saya di masa kecil dulu, sekeluarga besar bisa berangkat bareng menggunakan lebih dari dua mini bis yang jamak disebut engkel, satu jenis transportasi publik yang masih eksis sampai sekarang.

Begitu pula yang terjadi saat kunjungi air terjun Semporonan.

Jalur menuju air terjun jadi terasa tidak melelahkan. Setapak ramai, anak-anak, ibu-ibu atau bapak-bapak paruh baya, membuat semangat tetap tinggi. Manalagi travelers, mau trip berapa hari sekali pun kudu tetap semangat. Terutama karena Lombok memiliki begitu banyak spot yang wajib kunjung.

Air terjun Semporonan makin cantik dikunjungi ngepasi musim hujan. Well, meski beberapa tahun terakhir anomali cuaca masih kerap terjadi, selalu worth it bagi travelers mendadak rubah destinasi. Salah satunya ya ke air terjun Semporonan ini.

Semporonan di Lombok Timur sinonim kata dari ‘terjun’.

Hmmmm, air terjun yang terjun? Sounds redundan rite? Bukan tanpa alasan sih. Air terjun ini benar-benar tegak lurus. Demi ini pula, setiap trip saya ke air terjun, masih berhasil tak tergoda main air dibawahnya persis.

My deep salute for travelers who dare to do this! Buat saya mah selalu lebih dari cukup berbasah-basah di bias air atau kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

Wisata alam air terjun Semporonan sama cantiknya dengan banyak destinasi air terjun favorit lainnya di Lombok. Pemandangan alami, udara bersih, petak-petak sawah serba hijau.

Satu hal paling seru lainnya bagi saya, sekian menit berjalan dan kemudian mulai bisa mendengar gemuruh suara air terjun di kejauhan. Yay, bentar lagi sampai!!

Dekat dari beberapa destinasi wisata alam lainnya seperti Desa Wisata Tete Batu, Pringgasela dan Sembalun, spot ini bisa diakses sekitar dua jam perjalanan dari kota Mataram di Lombok Barat.

Mau langsung cuss ke spot dari Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya Lombok Tengah? Naik Damri bisa banget. Atau jika rombongan bersama partner trip travelers, cukup satu jam bermobil.

Sedikit berjalan kaki dari penanda spot wisata, trip ke air terjun Semporonan bisa banget digabung dengan trip seru lain. Trip keliling gili atau tubing sungai seru. Atau juga trip serba air terjun di satu hari kunjungan.

By the way, wiken ini ada libur Imlek lho. Yakin deh travelers sudah ngelist contekan spot-spot fave buat jadi destinasi berlibur paling berkesan. Spot pantai sudah, trip gili ada, desa tradisional atau wisata kampung masuk juga.

Nah, untuk air terjun, nggak salah pake banget masukin air terjun Semporonan. Inget tambahan contekan dari saya yak, lebih perhatian ke hujan. Makin lebat hujannya, debit air terjun Semporonan makin tinggi dan yakin gemuruh serunya bakal sempurnakan trip seru travelers di Lombok.

Jadi, sudah berapa air terjun yang travelers kunjungi? Saya? Belasan!! ^_^

Baca Juga: Jalan-jalan ke Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara