Jalan-jalan ke Air Terjun Tiu Kelep Senaru di Lombok Utara

In Bayan
Januari 23, 2017
3 min read

Bosan dengan pantai? Tenang, Lombok punya suguhan lain selain pantai. Kali ini saya ajak anda piknik di di tengah hutan Senaru, Lombok Utara.

Di Senaru sebenarnya ada 3 air terjun yang disuguhkan, hanya saja saya akan mengulas satu air terjun saja yang menurut saya air terjun yang paling ngetop. Oke, tanpa panjang lebar air terjun ini namnaya air terjun Tiu Kelep.

Tiu kelep merupakan salah satu dari puluhan air terjun yang ada di Lombok. Letak air terjun tiu kelep ini tidak jauh dari air terjun Sendang Gile yang merupakan air terjun yang pertama dari tiga air terjun di wilayah Senaru, tiu kelep merupakan air terjun yang kedua.

Sekitar 30 menit soft trekking dari Sendang Gile dengan membelah hutan, menaiki anak tangga dan menyeberangi sungai, sambil ditemani beberapa ekor primata berbulu, anda akan sampai di Tiu Kelep yang menurut saya air terjun paling eksotis di Lombok.

Infrastruktur terutama jalur/jalan menuju Tiu Kelep sudah sangat memadai, hanya saja anda harus berhati-hati jika menaiki anak tangga yang agak curam dan berjalan di jembatan yang notabene sebenarnya adalah jalur air. Kemudian menyeberangi sungai yang kadang-kadang arusnya sangat kencang.

Di Tiu Kelep ini tak jarang kita akan berpapasan dengan wisatawan mancanegara, iya, karena Tiu Kelep sudah termasuk lokasi wisata air terjun termasyhur yang terkenal sampai luar negeri.

Selain itu banyak fotografer lokal maupun mancanegara betah berlama-lama di sini, tidak lain hanya mengabadikan keindahan air terjun dengan teknik slowspeed yang hasilnya sangat menakjubkan.

Aktivitas yang anda lakukan di sini adalah berenang di sekitar kolam yang terbentuk alami oleh jatuhnya air dari ketinggian sekitar 30 meter. Ada jumping spot yang bisa anda gunakan untuk lebih menguji adrenalin.

Hanya saja anda tidak bisa berenang tepat di bawah jatuhnya air, karena di air terjun ini debit airnya sangat besar dan meluncur sangat deras.

Jika kebetulan anda mengunjungi Tiu Kelep di hari akhir pekan, siap-siap saja berjejal di sini. Karena di setiap akhir pekan Tiu Kelep sangat rmail dikunjungi wisatawan.

Tapi tenang, jika tidak sempat berenang di kolamnya, anda bisa berenang di aliran sungai yang membentuk beberapa kolam kecil juga di sekitarnya.
Untuk sampai ke Senaru, dari Kota Mataram anda akan menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Jika ingin menggunakan tranportasi umum, ke Senaru tidak susah, tinggal naik engkel jurusan Bayan, merogoh kocek hanya 15 ribu rupiah saja. Dari desa bayan, biasanya ada engkel yang langsung menuju terminal Senaru. Jika tidak ada, anda bisa mengorder ojek untuk dihantar ke Senaru.

Tiket masuk ke Tiu Kelep hanya 10 ribu/orang untuk wisatawan lokal, untuk wisatawan mancanegara 75 ribu/orang. Jika anda ingin ditemani pemandu wisata dengan alasan agar memperoleh informasi yang jelas dan detail, tinggal request saja di loket tiket.

Hanya saja jika anda menggunakan jasa pemandu wisata, anda akan merogoh kocek lagi.

Ajibbb!

Baca Juga: Berburu Air Terjun di Gangga, Lombok Utara