Bukit Batu Idung – Bukit di Lombok Yang Bisa Ngupil

In Lembar
Desember 23, 2017
4 min read

Lombok, Si Pulau Sejuta Misteri, yang bila dicari (terus) keindahannya tidak akan pernah habis untuk diselami. Ya, Lombok memang begitu pandai membuat para penduduk bumi berdecak kagum dengan setiap keindahan yang ia sajikan.

Jadi, tak heran bila Lombok mendapatkan begitu banyak nickname, diantaranya adalah “the new paradise”, dan potongan surga di Bumi.

Ah… mungkin sobat travellers merasa kami para penulis di blog ini terlalu melebih-lebihkan semuanya. Terlalu bermain-main dengan aneka majas yang membuat semua artikel kami terlihat begitu wah, tapi kami memang menulis apa adanya (bukan ada apanya lhoo).

Jika masih saja merasa ragu dan ingin tahu kebenaran info yang kami sajikan, yuk cabs ke Lombok. Eits, tapi jangan salahkan kami jika Anda tidak ingin pulang.

Sekarang, dunia sudah benar-benar memasuki zaman modernisasi. Apa-apa bisa diperoleh dengan mudah. Termasuk booking ticket secara on-line. Jadi, ga ada alasan yang terlalu complicated untuk tak segera berwisata ke Pulau Lombok. Tinggal klik and book.

Yuk, segera sisakan waktu hidup Anda dan ajak sanak saudara untuk quality-time bersama.

Bercengkrama dengan alam di atas Bukit Batu Idung

Oke Sobat Travellers, kali ini kita akan bermain-main ke Lombok Barat bagian Selatan. Tepatnya di Desa Gerebekan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Di sini ada Tempat Wisata Bukit dengan nama yang terdengar cukup unik dan anti mainstream, yang belakangan ini banyak dikunjungi. Orang-orang menyebutnya, Bukit Batu Idung.

Nama Batu Idung tidak muncul begitu saja tentunya. Usut punya usut, ternyata alasan bukit itu dinamai nama unyuk itu karena di atas sana terdapat batu besar di ujung tebingnya yang berbentuk sebuah hidung raksasa.

This vacation, is a flexible place. Maksudnya, bisa Anda kunjungi kapanpun Anda mau. Dan hanya merogoh kocek Anda untuk bayar parkir kendaraan saja. Jadi, Anda yang berhak menentukan ingin datang di pagi, siang, sore, ataupun mau bermalam.

Perjalanan yang hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari Pusat kota ini kerap disambangi oleh kaula muda sebagai tempat untuk flash-camp alias datang sore pulang pagi. Sejenis kemah kilat.

Bagaimana tidak, jalan menuju ke atas bukit bisa dijajaki dengan kendaraan bermotor, tepatnya roda 2. Begitu tiba di Desa Gumese, Anda bisa langsung gas motor Anda ke atas. Tapi ingat, manner berkendara harus tetap ada ya. Use helmet for safety.

Perjalanan bila menggunakan motor hanya akan memakan waktu 15 menit untuk sampai ke Pos aman 1 alias tempat para pengunjung menitipkan kendaraannya.

Aman? Ya, di sana aman karena terdapat pemukiman warga dan beberapa kios yang menyambut hangat kedatangan Anda.

Parkirkan kendaraan Anda, siapkan kamera dan perbekalan mini, and let’s go… Anda sudah siap untuk berjalan lagi. Kali ini, untuk sampai atas kita hanya bisa menggunakan kendaraan sederhana ciptaan Tuhan, yakni kedua kaki saja.

Waktu untuk sampai ke atas tergantung kecepatan dan ketangkasan kaki Anda. Jika Anda tipe orang yang suka hiking, maka bukit Batu Idung akan menguji kelincahan kaki Anda sekitar 15 menit.

Tapi jika Anda adalah penikmat wisata alam tanpa basic hiking, maka perjalanan ini akan menantang otot-otot Anda untuk waktu yang hanya Anda yang bisa tentukan. Hihi

Berhubung saya hanya orang biasa, tapi nekad untuk bisa sampai puncak, maka saya hanya memakan waktu 20 menit saja. Weleh… weleh….
Setibanya di atas sana, Anda mungkin akan kesulitan mengatur napas yang mulai ngos-ngosan.

Namun tenang saja, alam masih baik kok mau berbagi oksigen fresh from the trees untuk paru-paru Anda.

Di samping itu, view di atas bukit terbilang emejing bingits. Petakan-petakan sawah terlihat seperti potongan kain perca yang disulam nan rapi. Pepohonan hijau yang berselimut kabut membuat siapa saja yang melihatnya akan tertegun.

Pelabuhan di Lombok Barat yang bernama Lembar, jelas terlihat dari atas sana. Aktivitas para warga yang satu-persatu perlahan-lahan menyalakan lampu, membuatnya terlihat seperti untaian lentera cantik yang siap diterbangkan (kayak di film Disney Tangled).

Uniknya, bila Anda berdiri tepat di atas Batu Idung, maka Islamic Centre yang ada di Kota Mataram pun juga tampak jelas.

Masya Allah, another God’s Perfection was there. You can see everything from up there (I guess). Terkadang, burung bangau melintasi area ini dengan formasi V turut memperindah suasana.

Berhubung saya datangnya sore hari, maka sunsetlah kado indah yang Tuhan berikan kepada saya. “There was a blazing launch setting fire to the horizon”. Ada percikan terik membakar cakrawala. Jika Anda penikmat Sunset, then I can say you possibly won’t blink your eyes.

Sudah deh, jangan banyak mikir lagi. Sudah saatnya Anda menjadi saksi bisu keindahan Pulau Lombok.

Baca Juga: Bukit Dengan View Paling Menakjubkan di Lombok