Bukit Dengan View Paling Menakjubkan di Lombok

By Depz
November 13, 2017
5 min read

Pulau Lombok adalah salah satu pulau dari ribuan pulau di Indonesia yang menjadi surga destinasi bagi para pecinta keindahan alam. Tak heran pula jika belakangan ini Pulau Lombok kembali menjadi primadona bersaing ketat dengan Bali, Papua, Derawan atau pun destinasi top lokal lainnya.

Pulau dengan slogan “pulau seribu mesjid” ini memang menawarkan keindahan yang lengkap. Tak hanya pantai, gili (pulau kecil) yang lebih dikenal luas, tetapi juga Lombok memiliki potensi wisata berbentuk gunung, air terjun, kuliner dan budaya adat tradisional.

Oh iya, selain spot-spot yang telah disebutkan di atas, Lombok pun memiliki banyak bukit dengan view yang sungguh memanjakan mata bagi para wisatawan.

Nah, dari banyaknya bukit di Lombok, di artikel kali ini kita akan membahas 7 Bukit di Lombok yang memiliki pemandangan paling menakjubkan. Psst… Nggak Cuma itu aja, ketujuh Bukit ini sangat instagram-able 😀

Yuk… cek dan catet daftarnya.

Bukit Merese

Bukit Merese ini, ibarat penyanyi, dulunya hanya menjadi penyanyi latar. Wisatawan hanya menyaksikan keindahan bukit ini dari kejauhan dan sekadar menjadi background dari Pantai Tanjung Aan yang memang sudah kesohor itu.

Namun kini, Bukit Merese menjadi “main performer” alias spot wajib kunjung ketika wisatawan berkunjung ke seputaran Kuta – Lombok Tengah.

Perbukitan hijau, khususnya ketika musim penghujan tiba, dikelilingi garis pantai yang sangat cantik. Belum lagi “aksesoris” Tanjung Bongo dan Batu Payung di kejauhan nampak dari atas bukit di Lombok ini.

Saking sedang nge-hits-nya Bukit Merese ini, beberapa artis ibukota seperti Isyana Saraswati, Geisha pun bikin video klip di sini. Bahkan sebuah film Layar lebar berjudul “Kalam-Kalam Langit” yang baru rilis beberapa waktu yang lalu pun shooting di Bukit Merese ini.

Bukit Pantai Seger berada tak jauh dari Bukit Merese. Sama-sama berada di pesisir Selatan Pulau Lombok.

Yang membuat Bukit di Lombok ini wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Lombok adalah karena lokasi ini selain memiliki panorama yang membuat kita betah berlama-lama, di atas Bukit ini konon adalah lokasi di mana Putri Mandalika meloncat ke laut sebelum ber-reinkarnasi– menjadi cacing laut.

Dan reinkarnasi berbentuk cacing laut itu selalu diperingati sebagai legenda “Bau Nyale” di Pantai Seger setiap tahunnya.

Yah, sambil menikmati keindahan pantainya kita dapat napak tilas sejarah eh legenda. 😀

Bukit Selong

Kalau kedua bukit di atas menghadirkan pesona pantai khas sisi Selatan Lombok, maka Bukit Selong ini akan memanjakan mata kalian dengan hijau…hijau dan hijau.

Yeap, Bukit Selong ini menawarkan view pegunungan hijau dengan hamparan persawahan indah di bawahnya. Segar!

Bukit yang berada persis di belakang Desa Adat Beleq (Sembalun Lawang – Lombok Timur) ini memang dikepung oleh Gunung Rinjani dan banyak perbukitan (pergasingan, dandaun, nanggi dll) dan persawahan juga perkebunan (bawang, strawberry, melon dll)

Bukit Temeaq

Sudah pernah mengunjungi Pantai Pink Tangsi di Lombok Timur? Good kalau pernah. Tapi too bad kalau kamu belum pernah mencoba sedikit trekking ke Bukit di sisi utara/kiri. Why? Ya karena Bukit Temeaq di sisi Pantai Pink Tangsi ini memiliki pemandangan yang superb.

Bagaimana tidak, Ketika kita berada di atas bukit, garis lengkungan pantai berpasir merah muda dapat terlihat dengan lebih sempurna. Belum lagi gugusan Gili-gili juga pantai indah di kejauhan seperti Gili Petelu, Gili Sunut, Pantai segui dan pantai Temeaq.

Bukit Malimbu

Lombok Utara juga punya banyak Bukit dengan pemandangan nan eksotis. Salah satunya adalah Bukit Malimbu. Salah satu sunset spot ter-keceh di Lombok.

Dari Bukit Malimbu pengunjung dapat menikmati jagung bakar sambil menyaksikan senja terbenam, ditambah lagi Gili Trawangan dan Gili Meno yang termasyhur itu nampak dari sini.

Juga tak boleh dilupakan, kalian dapat menyaksikan siluet Gunung Agung Bali, iya Gunung Agung Bali, dari Bukit Malimbu ini jika cuaca senja cerah.

Bukit Pantai Tebing

Selain Malimbu, salah satu Bukit yang kalian wajib datangi adalah Bukit Pantai Tebing. Pantainya sendiri sempat menjadi sensasi di media sosial 2 tahun belakangan.

Pantainya yang unik, berbentuk tebing dari pasir dan berlekuk-lekuk karena dinding pasirnya digerus oleh angin dan ombak membuat pantainya sangat fotogenic and instgram-able.

Tapi tak banyak pengunjung yang cukup kepo untuk mencoba view dari atas bukitnya. Nyatanya jika kita mencoba naik ke bukit dari sisi belakang tebing, kita akan mendapatkan pemandangan nan epik.

Beberapa kawan menyebut bukit di Lombok ini sebagai bukit teletubbies. Yah, perbukitan dengan contour naik turun dan berumput hijau ini memang akan menggali memori kita untuk teringat pada sebuah film anak-anak berjudul Teletubbies itu.

Oh iya, jangan heran jika kalian menemukan banyak sapi yang dilepas bebas oleh para pengangon dan sedang asik merumput.

Bukit Prabu

Bukit yang terakhir ini tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan, namun cukup familiar bagi mereka yang sering blusukan ke lokasi wisata anti-mainstream di Lombok.

Lokasinya berada di Desa Prabu, Pujut – Lombok Tengah. Untuk tiba ke Bukit ini, kita harus setidaknya menggunakan kendaraan roda dua. Even better kalau menggunakan motor trail.

No pain, no gain kata orang bijak. Dengan usaha yang lebih, kita akan mendapat hasil/ view yang lebih luar biasa pula. Dari bukit ini kita akan dipuaskan oleh pemandangan nan cantik dari Pantai Selayar dari atas, Gili Nusa juga Pantai Are Guling.

Pokoknya you’ll be amazed when you get there.

***

See?

Lombok itu ga cuma Gili Trawangan, Kuta, Senggigi en Rinjani kan?

Bukit-bukitnya pun ciamik.

So tunggu apalagi? Book your ticket and enjoy the beauty of Lombok’s Hills 🙂

Baca Juga: Surga Di Bukit Pergasingan, Sembalun Lombok Timur