Explore Pantai Munah, pantai eksotis di Lombok Tengah

Januari 4, 2018
4 min read

Pantai Munah merupakan salah satu dari sekian banyak pantai eksotis di Lombok. Pantai yang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah ini memang belum seterkenal pantai lainnya seperti Kuta, Senggigi, Pink atau yang lainnya.

Namun, walaupun belum terkenal, Pantai Munah memiliki pemandangan alam yang indah dan tentunya pantas mendapatkan predikat sebagai salah satu pantai eksotis di Lombok.

Nah, untuk lebih mengenal Pantai Munah, simak kisah petualangan saya bersama teman-teman berikut ini ketika meng-eksplor Pantai Munah.

Seperti biasa, setiap weekend saya dan teman-teman kadang menghabiskan waktu untuk berpetualangan mengelilingi Pulau Lombok dan mencari spot-spot pantai eksotis di Lombok.

Nah, kebetulan kali ini tujuan kami adalah sebuah pantai yang bernama Pantai Munah. Spot pantai eksotis yang terletak di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

So, how do we get there?

Pantai Munah berjarak sekitar 55 KM dari Kota Mataram dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pantai eksotis di Lombok ini merupakan tetangga Pantai Telawas dan Pantai Selau. Jadi rute yang ditempuh pun sama, yaitu: Mataram – Bypass Bandara – Penujak – Selong Belanak – Desa Mekarsari – Pantai TelawasPantai Munah.

Setelah tiba di Pantai Telawas, kami kemudian harus soft-treking sekitar 10 menit untuk mencapai Pantai Munah. Medan yang dilalui cukup mudah.

Kami tinggal menyusuri pinggiran Pantai Telawas yang berbatu menuju arah timur. Tapi walaupun medannya cukup mudah, ezytravelers harus tetap berhati-hati ya. Karena bebatuannya kadang cukup licin dan gelombang cukup besar.

Beruntung, waktu itu gelombang laut sedang tenang, jadi kami bisa menyusuri pinggiran Pantai Telawas menuju Pantai Munah dengan aman dan nyaman.  

Dan beruntungnya juga, cuaca pada waktu itu juga sangat cerah. Setelah melewati bukit bebatuan terakhir, maka tibalah kami di Pantai Munah, salah satu pantai eksotis di Lombok.

Tiba di Pantai Munah, kami kemudian mencari tempat yang agak rimbun untuk berteduh. Pantai Munah ini memang panas dan sangat sedikit pepohonan rimbun yang bisa dijadikan tempat berteduh.

But, it’s okay! Kulit gosong pun gak jadi masalah, yang penting puas menikmati keindahan alam yang sungguh luar biasa ini.

Setelah menemukan tempat yang agak teduh, kami duduk santai menikmati cemilan yang kami bawa sambil menikmati sejuknya semilir angin laut.

Namun, tiba-tiba ombak yang sangat dahsyat yang entah darimana datangnya menerjang kami. Karena tidak waspada kami pun terhempas dihantam ombak.

Semuanya terjadi begitu spontan, cepat dan tak terduga. Well, but it’s funny! Kami saling mentertawakan ketika saling melihat ekspresi masing-masing ketika terhempas.

Seperti pantai selatan pada umumnya, Pantai Munah juga memiliki ombak yang cukup besar. Jadi, kegiatan berenang pun juga agak tidak direkomendasikan kecuali ketika air laut benar-benar tenang.

So, what can we do at Pantai Munah?

Well, walaupun gak bisa berenang dengan aman di pantai ini, ada banyak kegiatan lain yang ezytravelers bisa lakukan. Misalnya soft-trekking mengitari bukit yang ada di sekitar pantai atau hunting foto.

Spot foto di pantai eksotis di Lombok yang satu ini benar-benar kece, dijamin akun Instagram dan sosmed lainnya akan tambah kece juga.

Setelah terhempas ombak tadi, kami kemudian mencari tempat yang agak tinggi untuk istirahat. Kami mendaki beberapa punggungan tebing dan bukit.

Dari atas punggungan bukit ini, kami bisa menikmati panorama pantai eksotis di Lombok ini dengan lebih sempurna. Pantai Munah memiliki garis pantai yang datar namun tidak begitu panjang.

Pasirnya berwarna putih dan cukup halus serta terdapat banyak bebatuan di beberapa sudut pantai. Air lautnya bening dan pada waktu itu ombaknya sedikit mengerikan.

Melihat pemandangan indah nan eksotis yang terpampang nyata di depan mata rasanya benar-benar menakjubkan.

Setelah cukup beristirahat, kami kemudian mulai meng-eksplor setiap sudut dari Pantai ini. Kami menyusuri pantainya serta memanjat tebing dan bukit yang ada di sekitar Pantai Munah. Dan tentunya tak lupa pula berfoto ria.

Nah, ketika memanjat sebuah bukit di sisi kiri Pantai Munah, mata kami langsung dimanjakan dengan panorama alam berupa pantai dan perbukitan hijau yang sangat indah.

Hamparan Pantai di kecamatan praya barat dan perbukitan Pantai Telawas yang hijau membentuk satu kesatuan yang sangat elok dipandang mata. Pemandangannya terlihat seperti mini Raja Ampat-nya Lombok.

Benar-benar amazing! Gak salah jika pantai ini disebut pantai eksotis di Lombok.

Kami pun dengan senang hati berfoto ria, mengabadikan setiap momen indah yang kami lakukan di Pantai Munah ini.

Setelah capek turun naik bukit dan bekal semakin menipis, kami memutuskan untuk istirahat dan pulang. Dengan melewati jalan yang sama, kami pun beranjak pulang dengan mata dan bathin yang terpuaskan.

Well, itulah kisah singkat kami meng-eksplor salah satu pantai eksotis di Lombok.

Yuk berwisata ke Lombok

Ciao!

Baca Juga: Seru – Seruan di Pantai Batu Dagong, Lombok Timur