Pantai Tanjung Luar, Keindahan Lombok Timur Bagian Selatan

Maret 17, 2017
3 min read

Lombok Timur adalah daerah yang terkenal dengan pantainya yang indah dan masih alami. tidak heran begitu banyak tempat wisata pantai yang diburu oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

puluhan pantai ada di sini, yang tersebar dari wilayah selatan, timur sampai wilayah utaranya. Menyusuri perbatasan wilayah timur dengan wilayah selatan, kita akan sebuah pantai yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Lombok pada umumnya, yaitu pantai tanjung luar.

Tanjung luar pada umumnya terkenal dengan pasarnya, yang merupakan salah satu sentra penghasil ikan di pulau Lombok. Namun, siapa sangka di daerah yang ramai ketika pagi hari ini juga memiliki pantai yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat santai dan melepas penat.

Beberapa hari yang lalu, saya memutuskan untuk pergi melihat pantai ini. Kebetulan adik-adik saya ingin diajak jalan-jalan sore untuk mengisi liburan sekolah mereka. Jadi gak ada salahnya, saya yang belum pernah ke pantai tanjung luar ini untuk mencoba ke sana.

Pantai tanjung luar ini berada di daerah yang tidak terlalu jauh dari pasar tanjung luar. Jika datang dari pusat kota Selong atau wilayah timur pulau Lombok, maka pantai ini berada sebelum memasuki daerah pasar tanjung luar.

Jaraknya sekitar 15 Km dari Pusat Kota Selong atau sekitar 10 Km dari Pantai Labuhan Haji. Setelah melewati Pantai Labuhan Haji, perjalanan saya disuguhkan dengan deretan pantai yang terbentang luas di sepanjang jalan.

Pantai-pantai ini masih alami dan belum tersentuh oleh wisatawan, walaupun saya sendiri tidak tahu apa saja nama pantai yang saya lalui di sepanjang jalan ini menuju ke tanjung luar.

Untuk menuju ke tempat ini tidaklah susah, karena sudah ada penandanya, tinggal lurus saja tanpa harus berbelok ketika menemukan tikungan. Akses jalan ke tempat ini pun sudah bagus, jadi tidak usah khawatir untuk yang ingin pergi ke sini.

Ketika sampai di sana, ternyata banyak orang yang sedang bersantai menikmati sore harinya. Ternyata setelah saya bertanya dengan beberapa diantara mereka, Pantai ini biasanya ramai didatangi oleh pengunjung ketika sore hari.

Selain untuk bersantai dan rekreasi, pantai ini juga sering dikunjungi oleh para pemancing untuk bisa sekedar mencari ikan sambil bersantai.

Pantai ini memiliki dermaga yang sudah lebih dulu ada daripada dermaga yang ada di labuhan haji. Namun karena suatu hal, dermaga ini tidak digunakan sehingga biasanya diisi oleh wisatawan yang bersantai ataupun para pemancing.

Pesisir pantai tanjung luar didominasi oleh pohon kelapa dan tumbuhan berduri khas pantai. Jadi bisa dipastikan pantai ini masih cukup alami untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Pantai berpasir hitam dengan ombak yang rendah ini ternyata tidak terlalu dalam. Airnya pun bersih, jadi cocok untuk yang mau mandi, walaupun gak ada tempat berganti baju dan sebagainya.

Alhasil, saya pun mengabadikan momen bersama adik-adik di pantai tanjung luar ini. Kami pun pulang ketika matahari hendak terbit. Kami pun merasa puas dengan perjalanan ke pantai tanjung luar ini.

Baca Juga: Pantai Mawun di Lombok Tengah Luar Biasa Indah!