Tempat Yang Bisa Kamu Singgahi Saat Keliling Kota Mataram

Agustus 24, 2017
3 min read

Ke Lombok cuma ‘dinas kerja’ doank? Bermalamnya hanya di Mataram dan waktunya gak memungkinkan untuk keluar kota? Gak usah risau guys, kamu bisa berkeliling di seputaran kota Mataram aja. Berikut rekomendasi beberapa tempat yang bisa kamu singgahi.

Pura Lingsar

Pura ini merupakan simbol kerukunan umat beragama dan pura yang dianggap paling suci di Lombok.  Yang paling unik di pura ini adalah ternyata merupakan tempat di mana umat Hindu dan umat Islam datang melakukan ritual. Konon tempat ini dibangun sebagai lambang persatuan.

Taman Wisata Alam Suranadi

Taman ini merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki panorama alam yang indah. Objek wisata yang cukup diminati, terutama oleh masyarakat lokal.

Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota Mataram, tepatnya di desa Suranadi, kecamatan Narmada, Lombok Barat, sangat mudah dijangkau.

Keasrian taman ini sering dijadikan latar untuk pemotretan. Tempat ini juga dijadikan pusat penelitian flora dan fauna.

Kawasan Kota Tua Ampenan

Kawasan kota tua yang terletak di ujung barat kota Mataram ini juga sangat ramai. Di sini kamu bisa melihat sisa-sisa bangunan tua yang merupakan peninggalan bersejarah. Tempat ini sering dijadikan latar pemotretan.

Masih di area kota tua, terdapat pantai yang dulunya merupakan pelabuhan. Kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk pergi ke Senggigi, jangan bersedih, dari sini kamu bisa menikmati sunset yang begitu romantis.

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan miniatur dari Gunung Rinjani, sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan Raja Lombok pada saat musim kemarau. Taman yang dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung  Karang Asem.

Digunakan juga sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima pada tahun Caka (dalam Hindu). Di sini terdapat mata air yang dari gunung Rinjani yang sangat terkenal karena memiliki khasiat sebagai air awet muda.

Taman Wisata Air Mayura

Taman yang merupakan saksi bisu sejarah kerajaan Hindu di Lombok. Dulunya taman ini merupakan tempat petilasan, tempat bermusyawarah, dan tempat beristirahat Raja. Kini taman ini dijadikan lokasi wisata umum yang menyajikan pemandangan asri.

Pura Meru

Ini adalah Pura Hindu terbesar di Lombok, dulunya Pura ini digunakan sebagai tempat negoisasi dan menghakimi orang-orang yang melakukan kejahatan. Saat ini Pura Meru masih berfungsi sebagai tempat ibadaha umat Hindu yang berada di Lombok.

Taman Sangkareang

Lokasi taman yang berada di pusat kota sering dijadikan tempat nongkrong oleh kawula muda, tapi tidak hanya itu, banyak keluarga yang juga sering menghabiskan waktu mereka di taman ini.

Lapangan yang terdapat di area taman sering dijadikan tempat diselenggarakannya pameran ataupun konser dan acara-acara besar lainnya.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum terlengkap di Nusa Tenggara Barat, setidaknya terdapat 7.000 koleksi di dalamnya yang meliputi sejarah, budaya, arkeologi, geologi, serta biologi.

Banyak benda bersejarah yang keris bergagang emas, kitab suci kuno dengan tulisan tangan, ribuan naskah kuno, hasil kerajinan suku Sasak, dan lain sebagainya. Uniknya di museum ini, banyak benda yang dipercaya memiliki kekuatan mistis.

Loang Baloq

Loang Baloq Merupakan kawasan wisata pantai sekaligus wisata religi. Di sini kamu bisa menghabiskan waktu untuk jogging karena terdapat track untuk sekedar berjalan kaki ataupun berlari-lari kecil mengelilingi sebuah danau kecil buatan, dan kamu bisa menikmati sunset di kala sore.

Di seberang lokasi pantai dan taman air, ada kompleks pemakaman tokoh penyebar Islam di Lombok. Masyarakat Lombok sendiri sering melakukan ziarah ke makam-makam tersebut.

Jika lebaran ‘Topat’ (seminggu setelah Idul Fitri) tiba, kompleks pemakaman dan pantai Loang Baloq akan sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Lombok.

Nah untuk kamu yang sering kebagian dinas kerja ke berbagai daerah, boleh juga nih www.ezytravel.co.id dijadikan mitra ticketing kamu. Dapetin tiket murah dan paket wisata dengan penawaran terbaik.