Labuhan Haji – Tak Lekang Oleh Waktu di Timur Pulau Lombok

September 23, 2017
3 min read

Sunrise dan Sunset emang salah satu momen terbaik untuk menyaksikan keindahan alam Indonesia yang kita miliki. tapi gak semua tempat bisa dijadikan tempat sunrise dan sunset yang menarik loh…

Mesti nyari tempat yang luas, udara segar plus waktu yang tepat untuk bisa menikmatinya, kayak di gunung atau pantai. Lombok sebagai pulau yang belakangan ini banyak dikunjungi wisatawan juga punya tempat kayak gini loh, salah satunya pantai labuhan haji.

Pantai Labuhan Haji ini berada di sebelah timur pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Labuhan Haji, sekitar 6 Km dari pusat Kota Selong. Dan gue sering banget ke sini. Kenapa? Karena cewek gue suka banget yang namanya pantai *hahaha

Gak kok. Gue suka ke sini karena memang menurut gue tempat ini cocok banget buat dijadikan salah satu wisata Lombok yang perlu dipromosikan.

Walaupun belakangan ini banyak sekali pantai-pantai baru yang diberitakan baik di media sosial maupun televisi, pesona wisata Pantai Labuhan Haji ini tak lekang oleh waktu dari zaman bahulak.

Dulu, pantai ini sempat menjadi pelabuhan untuk keberangkatan haji bagi masyarakat di pulau Lombok. Bahkan dahulu, daerah Labuhan Haji pernah menjadi ibukota Kabupaten Lombok Timur.

Selain sejarah pantainya yang masih terkenang di hati masyarakat Lombok Timur, keindahan pantai ini pun masih menarik perhatian wisatawan.

Pantainya yang bersih (walaupun kadang-kadang kotor karena sampai dari sungai yang bermuara ke laut, sialan tu orang yang suka buang sampah ke sungai -_- )

dengan pasirnya yang hitam, pemandangan sawah dan deretan pohon kelapa pun menghiasi keindahan pantai ini. Garis pantai yang luas juga membuat pantai ini tidak membosankan untuk ditelusuri.

Jaraknya yang relatif dekat dari pusat kota dengan akses yang begitu mudah.

Fasilitas berupa gazebo, restoran, warung dan tempat mandi serta tersedianya Musolla juga menambah deretan kemudahan yang menyebabkan pantai Labuhan Haji menjadi pilihan wisata keluarga masyarakat Lombok Timur.

Namun yang unik buat gue, pantai ini sangat cocok untuk spot sunrise dan menikmati sunset.

Keindahan matahari yang terbit dari balik bukit di pulau Sumbawa dengan pemandangan laut yang begitu luas, angin yang segar, udara sejuk serta deburan ombak yang tidak terlalu besar membuat momen sunrise semakin menarik.

Selain itu, banyak nelayan yang baru pulang menangkap ikan serta para pemancing yang mencari peruntungan di pantai yang dirasa masih memiliki banyak ikan ini karena airnya yang bersih ini, menemani pemandangan pagi hari di pantai ini.

Pokoknya Cocok buat yang lagi jombloh biar amnesia dari kesepiannya, bisa juga buat yang lagi pacaran terus pamer foto profil facebook atau twitternya pake foto couple lagi sunrise-an gitu *khusus anak alay.

Selain sunrise, pantai ini juga cocok untuk sunset. Loh kok bisa? Yappp… bisa banget! Tapi dengan cara yang berbeda, tapi dengan mencari tiram. Loh kok tiram? Ini dia salah satu hal yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai lain.

Jangan heran kalau sore hari ke pantai ini, menemukan begitu banyak masyarakat yang berburu tiram atau dalam bahasa sasaknya itu “keke”.

Walaupun tidak hanya untuk dijual atau dimakan, terkadang juga hanya untuk menikmati keadaan pasang surut yang jauh menjorok ke pantai.

Karena berburu tiram ini begitu mudah dan tidak perlu skill khusus, jadi pengunjung dari berbagai daerah yang datang banyak yang ikutan untuk turun berburu tiram, sembari menikmati matahari terbenam dari balik pepohonan rindang di sepanjang pantai.

Ditambah dengan semua sinyal operator telekomunikasi yang sudah bagus, Pantai Labuhan Haji ini memang cocok untuk mengisi liburan. Coba deh!