Let’s Get Lost At Gili Nanggu, Lombok.

Januari 4, 2018
3 min read

Hallo, Paradise!

Hallo, Sobat Travellers. Bagaimana hari Anda? Sudah mulai sibuk kah dengan tugas kantor/sekolah yang bertubi-tubi? Terus semangat ya, pantang mundur.

Nanti kalau udah benar-benar suntuk, langsung booking ticket dan terbang ke Lombok aja ya. Pulau ini siap melayani kebutuhan psikis dan psikologis Anda untuk di-refresh kembali lewat keindahan wisata alamnya. hihihi

Pulau Lombok belakangan ini memang sering disebut-sebut sebagai destinasi wisata yang sedang naik daun, baik di kalangan wisatawan lokal maupun turis asing.

Banyak sekali tempat wisata di pulau ini yang oke-sip punya. Salah satunya adalah Gili-gili yang tersebar di sekitar Pulau Lombok. Take for example, the trio macan Gili.

Siapa sih yang ngga kenal dengan 3 Gili yang berjejer di sebelah barat laut pulau Lombok ini? Yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Yap, diantara mereka bertiga, Gili Trawangan memang yang paling akrab di telinga para wisatawan.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas seputar tiga gili itu, melainkan saya akan melancong ke Gili di wilayah Lombok Barat. Namanya, Gili Nanggu.

Secara administratif, pulau kecil ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mencapai Gili tersebut, sobat travellers bisa menggunakan boat yang disewakan di Pelabuhan Lembar.

Namun, akan memakan waktu lebih lama untuk sampai ke Nanggu dibandingkan jika sobat travellers menyewa boat di daerah Tawun / Goa Landak yang hanya 15-20 menit saja. It’s up to you guys.

Biaya yang sobat keluarkan pun relatif, tergantung kapasitas boat yang akan disewa. Seperti contoh, waktu saya dan 14 teman lainnya hanya membayar Rp. 440.000 dengan kapasitas boat kurleb (kurang lebih) 20 orang. Reasonable, kan?

Biaya masuk ke Gerbang Kawasan Konservasi Perairan Berbasis Wisata yang ada di Pulau cantik ini terbilang cukup murah, yakni Rp. 5,000 / orang. Itu sudah termasuk biaya sewa berugak (gazeb0) dan penggunaan kamar mandi.

So, feel free untuk bolak-balik toilet tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Oke, kan?

Air lautnya masih jernih dan bersih, serta pasir putihnya bikin susah move on

Gili Nanggu merupakan salah satu dari beberapa gili di area Sekotong. Diantaranya, Gili Kedis, Gili Sudak, dan Gili Tangkong.

Then, what makes Gili Nanggu so special?

Well, di pulau dengan luas sekitar 8 hektar ini sudah memiliki aneka fasilitas akomodasi modern. Pas banget deh untuk sobat yang ingin mengasingkan diri dengan alam. It’s a good place to get lost.

Ada penginapan lengkap dengan restaurant-nya. Selain itu, ada juga fasilitas pendukung seperti, jogging trek dan penyewaan alat snorkeling yang siap digunakan oleh segenap wisatawan. Di tempat ini juga terdapat penangkarang penyu yang bisa langsung sobat saksikan.

Proud of their awareness, thumbs up!

Suasana di dalam Gili Nanggu

Layaknya Gili-gili yang ada di Lombok, Gili Nanggu memiliki pantai nan eksotis dengan hamparan pasir putih di tengah birunya lautan luas. Suasana alamnya pun cukup hening dan bersih.

Disini terdapat hutan kecil-kecilan yang seru dipakai hunting foto. Bahkan sudah banyak sweet couple yang menjadikan spot tersebut untuk berburu foto pre-wedding. Tertarik? Langsung saja ajak si do’i kesini.

Wisata bawah lautnya juga aduhai banget. Aneka species ikan yang elok lengkap dengan terumbu karangnya yang cakep membuat para divers siap-siap terhipnotis. Saya sudah membuktikannya langsung! Benar-benar luar biasa keindahan dibawah laut sana, Sob.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Lombok memiliki kemegahan alam bahari yang begitu mempesona.

Ready to escape from your hectic day? Lombok is a perfect runaway. Let’s get lost together, Sob!

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Harus ke Gili Kedis, Lombok Barat