Liburan di Lombok Seru Selain di Gili trawangan?

By Depz
Januari 4, 2018
4 min read

Liburan di lombok sangat identik dengan Pulau Gili Trawangan yang seringkali disebut sebagai salah satu “serpihan surga” di sekitaran Pulau lombok.

Gili atau pulau kecil yang namanya harum tersohor sampai ke seluruh penjuru dunia ini setiap tahunnya dikunjungi ratusan ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Gili ini bisa dibilang semacam Wisata karimunjawa di Jepara lah.. O ya.. buat informasi saja, bagi yang mau booking Paket wisata karimunjawa <= klik link tersebut aja ya..

Pulau kecil nan elok ini kini telah menjelma menjadi destinasi wajib para wisatawan ketika berkunjung ke Lombok, bahkan belakangan ini -sejak adanya fastboat langsung dari Benoa, Bali ke Gili Trawangan – wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Bali pun menyempatkan untuk singgah dan menikmati keindahannya.

Tak usah heran jika sekarang ini Gili trawangan menjadi pulau yang sangat ramai, bahkan ketika tidak sedang dalam masa peak-season musim liburan

Namun, bagi sebagian wisatawan yang mencari suasana liburan yang tenang biasanya malah akan merasa kurang nyaman. Bagi mereka ini hiruk pikuk Gili Trawangan terasa kurang sedap untuk dinikmati. Lantas, Gili manakah yang harus dikunjungi ketika ketika berlibur di Lombok jika ingin mencari suasana yang lebih tenang dan sepi?

Dari ratusan Gili yang tersebar di sekitar Lombok, setidaknya ada 5 alternatif yang bisa dijadikan destinasi liburan, cekidot :

Gili Air

Gili Air adalah salah satu dari trio Gili Tramena yang bertetangga di sisi Barat Pulau Lombok. Pulau ini berada paling dekat dengan Pulau Lombok. Gili Air memiliki homestay, hotel dan villa dengan suasana yang sangat tenang.

Tidak se-hingar-bingar Gili Trawangan pastinya. Menyaksikan view sunrise ketika matahari menyelinap dari balik Puncak Rinjani ketika pagi menjadi kenikmatan tersendiri.

Gili Meno

Gili Meno terletak ditengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air. Selain suasananya yang tak seramai Trawangan, keunikan Gili Meno salah satunya terdapat di sisi timurnya dimana terdapat meno wall reef yang menjadi tujuan utama para penyelam dan pecinta wisata bawah laut.

Keunikan lain Gili Meno adalah terdapat Gili Meno Bird Park dan sebuah danau yang terdapat ditengah-tengah pulaunya. Suasana tenang di Gili Meno memang agak mirip dengan Gili Air.

Gili Nanggu

Di pesisir Sekotong, Lombok bagian Barat daya terdapat sebuah Gili namanya Gili Nanggu. Berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan Lembar untuk sampai ke Pelabuhan Tawun tempat kita menyeberang ke Gili Nanggu.

Membutuhkan waktu berkendara selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Mataram untuk tiba ke Tawun. Berlibur di pulau ini membuat kita seperti sedang berada di sebuah pulau pribadi.

Bagaimana tidak, hanya ada 1 penginapan di Gili Nanggu dan tak ada penduduk lokal yang berdiam disini. Namanya tak sepopuler Gili Trawangan memang, tapi jangan meremehkan keindahan Gili Nanggu yang tidak kalah dari Gili Trawangan.

Nikmati pula sensasi berenang dengan ikan-ikan indah berwarna warni nan bersahabat di sekeliling tubuh kita saat snorkling.

Gili keempat adalah Gili “ter-imut” di Pulau Lombok. Walau luasnya tak lebih dari luas 2 kali lapangan futsal, namun keindahannya tak bisa dibantah.

Pasir putih yang mengelilinginya dan gradasi air laut sungguh memikat dan memanjakan mata. Tak hanya itu saja, terumbu karang di sisi baratnya masih alami dan sangat eksotis. Pulau ini tak berpenghuni.

Jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cobalah berkemah di sini. You surely will have an amazing experience 🙂

Gili Kondo

Konon, Pulau Lombok memiliki lebih dari dua ratus gili tersebar di sekeliling Pulau Lombok. Salah satu yang memiliki panorama terindah adalah Gili Kondo. Pulau cantik ini berlokasi di Sambelia, Lombok Timur.

Setidaknya dibutuhkan 2,5 jam dari Mataram menggunakan kendaraan bermotor untuk tiba di Sambelia ditambah menyeberang +-15 menit lagi dengan boat.

Dari Gili Kondo kita bisa menyaksikan Pulau Sumbawa di sebelah timur, Gili Bidara, Gili Kapal yang hanya terbentuk dari  pasir  dan keagungan Gunung Rinjani di sisi Barat.

Air serupa kristal dan bergradasi warna mengelilingi pulau kecil ini. Para adventurer/traveler sering berkemah di Gili Kondo Suasananya  tenang, alami dan perawan sangat kental di Pulau ini.

Gili Sunut

Seperti halnya Gili Kedis dan Gili Kondo, Gili Sunut juga (sampai sekarang) tidak memiliki penginapan yang bisa disewa. So, pilihan terbaik menikmati Gili ini adalah berkemah.

Gili ini mungkin Gili yang paling tidak terkenal karena jarang dikunjungi wisatawan. Penyebabnya adalah akses menuju lokasinya yang sulit. Ada dua cara untuk tiba ke Gili Sunut yaitu mencarter perahu dari Tanjung Luar (Mataram-Tanjung Luar berjarak tempuh +-2jam).

Atau via darat melalui Jerowaru, Lombok Timur. Keunikan Gili Sunut adalah pulau Gili Sunut hanya dibatasi sebuah pantai dengan mainland Lombok. Pantai ini dapat dilalui dengan berjalan kaki saja ketika air laut surut.

Padang ilalang di sisi Selatan Pulau menambah cantiknya pulau tak berpenghuni ini.

***

Itulah dia 6 Gili yang dapat menjadi alternatif wisata Pulau bagi wisatawan yang bosan ke Gili Trawangan yang mainstream.

Penasaran kan?

Dong Ayok Ke Lombok 🙂

Baca Juga: Liburan asyik? Ke Gili Air Lombok saja!