Little Paradise Named Gili Nanggu – Sekotong Lombok Barat

By Depz
Januari 4, 2018
3 min read

Santai Kayak di Pantai – Kalian pasti pernah mendengar ucapan seperti itu kan?

Ungkapan di atas (mungkin) hadir karena biasanya orang-orang menikmati hidup atau setidaknya liburan di pulau (kecil) dengan sangat selow (asal kata bahasa inggris “slow” yang berarti lambat).

Bersantai di pantai menghabiskan waktu dan merasakan waktu berputar begitu lambat di sebuah pulau memang merupakan sebuah “pelarian” yang sangat tepat.

Nah… Destinasi Lombok yang akan kita bagikan kali ini adalah Pulau Gili Nanggu.

Pulau yang berada di Barat Daya Lombok ini memiliki luas +-13 hektar. Tak seluas 3 gili Tramena (Trawangan, Meno, Air) di Lombok Utara.

Sebagai perbandingan, kita harus berjalan kaki kurang lebih 3 jam untuk berkeliling Gili Trawangan, sedangkan di Gili Nanggu kita dapat mengelilingi pulau menyisir garis pantai dalam sejam.

Soal keindahan? Gili Nanggu tak kalah indah dari Gili Trawangan. Warna air laut bergradasi hijau toska, biru dan putihnya sungguh menyegarkan mata.

Untuk tiba ke Gili Nanggu kita dapat mencharter boat dari Dermaga Tawun, Pelabuhan Lembar tau dari Batu Kijuk. Tarifnya 250-35rb/boat. 1 boatnya dapat menampung sampai dengan 10 penumpang.

Jarak tempuh dari Kota Mataram ke Dermaga Tawun +-1,5 jam atau dari BIL +-2jam.

Berikut beberapa alasan mengapa Gili Nanggu lebih recommended untuk jadi tempat liburan kamu.

  1. Gili Nanggu tak se-crowded Gili Tramena. Kamu bisa bersantai dan selow seharian tanpa terganggu oleh hingar-bingar pengunjung ataupun musik di malam hari.
  2. Fasilitas pendukung yang cukup memadai untuk tamu. Seperti : berugak (pendopo), toilet umum, dan penyewaan alat snorkling.
  3. Gili Nanggu berada di daerah Sekotong dimana daerah Barat Daya Pulau Lombok ini memiliki lansekap yang begitu indah. Gugusan bukit hijau di kejauhan dan pantai-pantai indah plus gili-gili kecil yang tersebar di sekeliling Gili Nanggu menambah cantik panorama alam yang bisa dinikmati dari Gili Nanggu.
  4. Gili Nanggu memiliki dunia bawah laut yang cantik. Dengan hanya alat snorkling dan berenang tak jauh dari garis pantai kita sudah dapat menikmati ikan-ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang masih alami.
  5. Pulau ini sangat asri, dengan pepohonan pinus dan pohon lainnya yang tersebar di penjuru pulau membuat kita tidak kesulitan mencari spot untuk membentangkan kain pantai dan piknik seru sambil menikmati angin sepoi-sepoi bahkan ketika siang terik pun.
  6. Bagi mereka yang ingin menginap, terdapat satu hotel/cottage (yeap, satu-satunya) yang bisa disewa. Fyi, tak ada penduduk di pulau ini selain hotel Gili Nanggu ini. Soal harga masih sangat bersahabat.
  7. Gili Nanggu adalah pulau yang cukup komplit bagi para penggemar fotografi. Waktu penantian menanti matahari terbit dan terbenam kalian akan terbayar lunas dengan hasil jepretan nan ciamik.

Pokoknya Gili Nanggu recommended banget buat kamu yang ingin pelesir santai dan selow.

Segera jadwalkan liburanmu ke Lombok dan kunjungi Gili Nanggu.

Baca Juga: ‘Terjebak’ di Gili Biras Bosang, Lombok Barat