Wisata Kuliner di Lombok? Ini Makanan Yang Wajib Kamu Cicipi

Mei 6, 2017
3 min read

Hello guys, liburan ke Lombok bingung mau makan apa? Sepertinya kamu harus wisata kuliner nih… Lombok punya bermacam makanan khas yang bisa bikin berat badan kamu naik setelah berlama-lama di sini. Apa saja makanan khas Lombok? Ini beberapa menu kuliner yang wajib kamu cicipi!

Ayam Taliwang

Siapa yang tak kenal dengan Ayam Taliwang? Kuliner yang satu ini selalu banyak dicari wisatawan ketika berkunjung ke Lombok. Ayam dengan bumbu khas dari Taliwang, nama daerah tempat makanan ini berasal.

Makanan yang sangat populer karena bumbu pedasnya ini biasanya dimasak dengan cara dibakar atau digoreng.

Ayam Rarang

Banyak orang yang belum mengenal makanan yang menjadi salah satu primadona kuliner dari Lombok Timur ini. Nama Ayam Rarang sendiri diambil dari daerah asalnya yaitu desa Rarang yang terletak di Lombok Timur.

Ayam Rarang yang berlumur bumbu khas ini sangat menampol sekali pedasnya. Dijamin bakal menggoyang lidah dan ketagihan.

Sate Bulayak

Sate daging atau sate jeroan yang disajikan dengan bulayak. Apa itu Bulayak? Bulayak adalah lontong yang dibungkus dengan daun enau atau aren dengan membentuk spiral. Bumbu dari sate Bulayak ini pun khas Sasak, yaitu tumbukan kacang sangria direbus dengan santan.

Yang ini merupakan sate daging dengan rasa yang amat pedas. Dagingnya pun dilumuri oleh bumbu pedas khas Rembiga, jadi tidak dilumuri oleh bumbu atau saos tambahan yang khusus.

Jika kamu ingin menambahkan kecap sih boleh saja. Rasanya rugi sekali kalau ke Lombok tidak mencicipi sate ini.

Sate Tanjung

Ini merupakan sate khas Tanjung, Lombok Utara. Sate Ikan Laut. Sate yang memiliki rasa pedas dan gurih ini juga dicampur dengan parutan kelapa di dalamnya. Rasanya sangat nikmat jika disajikan ketika masih dalam  keadaan panas.

Plecing Kangkung

Plecing kangkung, sudah banyak wisatawan yang juga familiar dengan yang satu ini. Ya jika, makanan ini banyak ditemukan di warung makan seperti di restoran Ayam Taliwang.

Plecing kangkung merupakan sayuran pelengkap untuk menu makan kamu. Rebusan kangkung yang dibubuhi dengan sambal dan diberi tambahan touge serta kacang goreng.

Beberok

Beberok adalah terong yang berbentuk bulat seperti tomat, dipotong-potong berbentuk dadu. Kemudian dicampur dengan bumbu yang dihaluskan, yaitu cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawah merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, dan garam.

Setelah itu dilumuri dengan minyak goring. Sambel beberok ini kerap sekali disandingkan denngan ayam taliwang ataupun makanan khas Lombok lainnya.

Bebalung

Bebalung adalah tulang iga atau tulang kerbau yang dimasak dengan bumbu sederhana. Kuahnya gurih pedas, masyarakat Lombok menyebutnya kuah bumbu ragi rajang. Rasanya sangat lezat dengan taburan bawang goreng di atas kuahnya.

Nasi Puyung

Nasi yang berasal dari daerah puyung ini cukup terkenal. Walaupun tampilannya tidak terlalu istimewa, tetapi banyak wisatawan yang rela memburunya ke Lombok Tengah menyusuri gang-gang kecil tempat nasi ini berasal.

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang dengan lauk suwiran ayam dengan bumbu pedasnya, kedelai goreng, srondeng kelapa, abon dan belut goreng.

Ares

Ares adalah sayuran khas Sasak yang terbuat dari pelapah atau gebok pisang. Bumbunya berkuah santan, dengan rasa yang cukup unik. Sayuran ares ini juga merupakan alternative bagi kamu yang tidak menyukai rasa sayur dengan bumbu pedas seperti plecing kangkung.

Poteng

Poteng atau Tapai yang dibuat dari ketan putih yang telah diragi. Sedangkan Tujak atau Tetel juga dibuat dari ketan putih yang dicmapur dengan parutan kepala yang dikukus dan ditumbuk kemudian ditaruh di atas Loyang dan dipotong-potong. Cara makannya, Tujan dicocol dengan Poteng.

Baca Juga: Sejarah Pulau Lombok dan Kerajaannya