Must Visit – Taman Kota di Mataram, Lombok

September 8, 2017
4 min read

Kota Mataram selain merupakan ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Kota Mataram juga merupakan pusat pemerintahan, pusat pendidikan dan pusat perekonomian di NTB.

Secara administrasi Kota Mataram memiliki luas daratan 61,30 km dan 56,80 perairan laut. Kota Mataram sebagai ibukota provinsi NTB ini memang terbilang salah satu kota kecil dan sedang berkembang dibandingkan ibukota provinsi lainnya di Indonesia.

Hal ini cukup terbukti dengan masih kurangnya tempat main dan nongkrong tidak seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia. Penilaian ini dilihat dari kacamata anak muda Mataram yang haus akan hiburan.

LOL. Saya yakin beberapa teman dan beberapa dari pembaca akan setuju dengan pendapat saya 😀

Namun memang dari waktu ke waktu, Mataram dan Lombok pada umumnya terus berkembang.

Tidak heran inilah yang kemudian membuat saya dan faktanya beberapa teman yang selama ini tinggal di Mataram merasa kebingungan harus main kemana terutama yang dekat dengan kota karena tempat main dan nongkrong di Mataram rasanya itu-itu saja, such a boring city, sometimes.

Eits, tapi jangan keburu galau dan keburu bimbang terutama bagi para traveler yang ingin datang berwisata ke Mataram. Terutama juga bagi kita-kita nih yang tinggal di kota kecil tapi selalu ngangenin ini.

Faktanya, kalau kita mau lebih memperhatikan sekitar dan mau mengeksplor, Mataram memiliki segudang destinasi wisata atau tempat main yang wajib dikunjungi dan ditongkrongi.

Mulai dari pantai yang masih dekat dengan kota, seperti Pantai Ampenan misalnya, wisata sejarah, spot-spot kuliner di tengah kota, sampai taman-taman kota yang asik buat nongkrong.

Nah berikut ini beberapa taman kota yang berada tepat tidak jauh dari pusat kota which are very recommended to be visited.

Di beberapa taman kota ini memang menjadi pusat keramaian kota dan juga memang menjadi ikon kota yang wajib masuk daftar destinasi kunjungan. Dan hebatnya lagi beberapa taman ini bisa kita kunjungi secara bersamaan. So, here they are, cekidot!

1. Taman Sangkareang

Taman Sangkareang merupakan salah satu taman kota yang juga merupakan ikon kota Mataram. Taman ini berada tepat di jantungnya kota Mataram, yaitu berada di pusat pemerintahan dekat dengan beberapa kantor seperti kantor walikota Mataram dan kantor gubernur NTB.

Taman yang terletak di jalan pejanggik ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi warga kota dan sekitarnya. Disini kita bisa menikmati pemandangan hijau kota sambil menikmati hiruk-pikuknya kota Mataram.

Selain lokasi yang tepat berada di pusat kota dan tempatnya yang memang asik buat nongkrong menjadikan taman ini banyak dikunjungi muda-mudinya Mataram.

Hal ini terlihat dari banyaknya para anak muda terutama komunitas dengan segala aktifitas kreatifnya banyak yang nongkrong disini. Nah info penting lainnya bagi para traveler, diseputaran taman ini banyak terdapat hotel yang tepat berada tengah kota.

2. Taman Udayana

Taman Udayana, seperti namanya, terletak tepat di jalan udayana, Mataram.

Berbeda dengan Taman Sangkareang yang terbilang nyempil ditengah kota, Taman Udayana memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau dengan banyaknya pepohonan rindang yang asik dan sejuk buat nongkrong.

Di taman ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati suasana hijau tengah kota, tetapi juga bisa berwisata kuliner karena banyaknya para pedagang yang menjajakan makanan khas Lombok.

Saat sore hari kawasan ini akan ramai dengan para pedagang dan pengunjung yang menghabiskan waktu untuk nongki-nongki dan berolahraga disini.

Sementara setiap minggu pagi kawasan ini merupakan kawasan car free day yang dipenuhi dengan pedagang dan pengunjung yang datang berolahraga dan juga buat ngeceng 😀

3. Taman Mayura

Taman Mayura terletak di Cakranagara, Mataram. Disini kita bisa menikmati suasana taman dan kolam yang menyejukkan ditengah hingar-bingar dan panasnya kota.

Di sini juga kita bisa berwisata sejarah. Di taman yang juga terdapat pura umat hindu ini, konon sejarahnya taman yang dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada 1744 ini pada awalnya bernama Taman Kalepug yang berati suara jatuhnya air di telaga.

Nah, mengapa berganti menjadi Mayura? karena pada kala itu banyak ular di kawasan taman ini.

Ngadem disini dari teriknya matahari siang ditengah kota mataram sepertinya bisa menjadi pilihan. Suasana hijau taman dan teduhnya memandang luasnya danau sejenak bisa menyegarkan pandangan dan pikiran.

Ngadem dulu cuy~

4. Taman Loang Baloq

Taman Loang Baloq terletak di daerah Tanjung Karang, Mataram. Disini kita bisa menikmati suasana hijau taman dengan bonus view pantai yang kece. Apalagi, saat sore hari, disini kita bisa melihat sunset yang pemandangannya tidak kalah indah dengan spot sunset lainnya di Lombok.

Yak! This is another beautiful sunset! selain berwisata rekreasi, disini juga kita bisa berwisata sejarah, terutama sejarah islam di bumi Lombok, karena masih dalam daerah yang sama terdapat sebuah makam yang disebut-sebut merupakan makam salah seorang tokoh agama pada jaman dahulu yang hingga kini sering diziarahi oleh masyarakat muslim di Lombok.

Nah itu dia beberapa taman kota yang nongkrong-able dan wajib dikunjungi buat anak Mataram dan apalagi anak luar Mataram/Lombok. Selain buat nongkrong dan nge-gaul juga buat menambah pengetahuan tentang sejarah di Lombok.

Saat weekend atau waktu liburan bingung mau kemana? Tidak usah jauh-jauh, cuss langsung ke taman kota saja.