Dari Lombok, Nongkrong Seru Di Kemutar Telu Center, Sumbawa

Oktober 24, 2017
4 min read

Ayo ke Lombok! Ngomongin Lombok selalu gak ada habisnya. Tapi, gimana kalau sekarang kita jalan-jalan dulu ke pulau seberang. Kalau bicara secara provinsi, Sumbawa merupakan bagian dari provinsi NTB.

Jadi sebenarnya bakal rugi banget buat ezytravelers yang sudah landing di Lombok. Explore pulau Lombok dan tidak sekalian nyebrang ke pulau Sumbawa. Issshh, kalian bakal nyesel deh…

Jangan Lewatkan Great Sale Lombok selama bulan Februari!

Pulau Lombok memang sangat terkenal dengan kecantikan alamnya. Tentu saja, Lombok sudah banyak dikenal orang dengan sebutan pulau surga. Sebenarnya, kecantikan alam pulau Sumbawa juga patut diacungi jempol lho! Jika dari Lombok melalui jalur darat, menyeberanng ke sana melalui pelabuhan Kahyangan menuju pelabuhan Poto Tano.

Biasanya orang lebih banyak mengenal Sumbawa Besar sebagai sebagai pusat keramaian.

Pulau Sumbawa merupakan pulau yang cukup terkenal di kancah dunia. Bagaimana tidak, salah satu gugusan kecil pulaunya, yaitu pulau Moyo sudah sangat menjadi trend yang sangat kuat karena mendiang Lady Diana, yaitu putri kerajaan Inggris dulu pernah berlibur ke pulau ini.

Bahkan kemarin ketika Rain, seorang aktor Korea yang banyak digandrungi para anak muda pecinta K-Pop pun berlibur ke pulau Moyo ketika honeymoon bersama istrinya.

Beuh, saya aja belum pernah ke pulau tersebut lho! Duh, jadi envy! Sepertinya harus menabung untuk bisa berlibur di pulau tersebut juga.

Nah, untuk kalian yang melalui jalur atas juga alias memakai pesawat juga ada kok. Penerbangan Lombok- Sumbawa sudah tersedia. Tidak usah bingung juga hotel di Sumbawa juga sudah banyak, tetapi memang tidak sebanyak di pulau Lombok.

Percaya deh, kalau sudah berlibur ke pulau Sumbawa, kamu bakal berdecak kagum dengan alamnya, apalagi ketika musim hujan tiba, bukit-bukit yang berderert-deret sedang hijau-hijaunya.

Memang, selain gugusan pulau-pulau kecilnya yang memikat hati pada wisatawan tentu saja Sumbawa juga dikenal karena gunung Tamboranya yang gagah. Hemmmm, saya naik Rinjani aja belum, apalagi gunung Tambora. hiks

Saya ke pulau Sumbawa beberapa kali, tapi lebih suka mengendarai motor. Agar bisa menikmati alamnya sejak pertama kali menjejakkan kaki di pulau itu.

Setelah kemarin bersenang-senang dengan Pulau Kenawa dan Pulau Paserang, saya dan beberapa teman mampir ke sebuah tempat yang katanya nih menjadi tempat nongkrong anak-anak gaul di Taliwang, Sumbawa Barat.

Kemuter Telu Center, nah nah nah, ini dia gedung yang ramai dibicarakan beberapa teman saya. Kemuter Telu Center ini merupakan ikon pariwisata serta budaya masyarakat di sana.

Tempat ini berupa komplek yang memiliki 3 bangunan utama. Menurut informasi yang saya dengar nih, bahwa kemuter telu center ini merujuk sebagai simbol peradaban Sumbawa Barat.

Kemuter Telu yang memiliki arti Tiga Kerajaan, yaitu Kerajaan Sumbawa, Kerajaan Seran, dan Kerajaan Jereweh. Sampai sekarang pun, Kemuter Telu Center ini menjadi pusat keramaian dari kabupaten Sumbawa Barat.

Tiga bangunan utama di lokasi Kemutar Telu Center, yang pertama adalah Graha Fitrah yang terdiri dari dua kata yaitu Graha yang berarti gedung atau rumah dan Fitrah yang berarti suci atau bersih.

Perpaduan dua kata ini kemudian memberikan arti yaitu gedung yang suci. Gedung Fitrah ini juga difungsikan sebagai gedung kerja Bupati Kabupaten Sumbawa Barat.

Kemudian bangunan kedua yaitu Gedung Setda, gedung yang berada tepat di belakang Graha Fitrah. Difungsikan sebagai gedung sekretaris daerah. Yang ketiga adalah Tugu Syukur.

Komplek Kemutar Telu Center ini jika terlihat dari atas, membentuk segi delapan, hal ini adalah cerminan lambang Islam dunia yang memiliki filosofi tentang kejayaan Islam.

Berbentuk seperti bintang segi delapan yang mempunyai arti yang selaras dengan kebudayaaan masyarakat di sana. Kebudayaan yang sudah ada sejak jaman dahulu yang bersifat terbuka kepada seluruh pendatang, masyarakat mau menerima perubahan dari segala penjuru mata angin demi kemajuan Kabupaten Sumbawa Barat.

Hemmmm.. biacara soal sejarah jadinya nih… Tapi bangunan Kemutar Telu Center ini memang sangat sarat akan budaya dan tentu saja sejarahnya.

Kalau malam, lokasi ini sangat ramai lho! Seperti kata saya tadi, banyak masyarakat yang datang hanya sekedar nongkrong dan menghabiskan waktu.

Pusat keramaian seperti Udayana jika di kota Mataram, Lombok. Eh, jangan lupa buang sampah pada tempatnya walau jalan-jalan ke mana pun! Sayangi Alam ya genks!

Salam Cihuy~

Baca Juga: Nongkrong di Warpindo Mataram, Lombok