One Day Trip Seru di Sembalun Lombok Timur

Oktober 22, 2017
4 min read

Lombok memiliki banyak spot wisata yang lokasinya berdekatan. Kondisi itu membuat sobat travelers bisa melakukan One Day Trip seru. Salah satunya desa wisata Sembalun di Lombok Timur.

One Day Trip seru di Sembalun bisa banget dilakukan dengan memilih flight yang landing paling pagi di BIL (Bandara Internasional Lombok).

Sarapan bisa di salah satu resto atau beberapa warung (warung sederhana dengan menu warteg standar atau warung masakan Padang) di ruas jalan raya by pass depan BIL persis.

Bisa juga menganjal perut dengan roti dulu di mobil dan memilih sarapan di resto hotel atau homestay di Sembalun.

Lantas, enaknya ngapain cuma cuzz sehari di Sembalun?

Cycling tour perfect jadi pilihan one day trip seru di Sembalun.

Yang highly recommend, Cycling Tour atau Tour Sepeda. Tim Geowisata Sembalun fleksible dengan trip tour sepeda ini. Nah, karena saya pesepeda pemula pake banget, dipilihkanlah rute paling nyaman plus tidak terlalu melelahkan.

Di briefing singkat sebelum rombongan pesepeda dadakan berangkat, jalur akan ditempuh selama sekitar 3 jam.

Leader tour mengingatkan agar tak segan meminta berhenti jika temukan angle foto-foto cantik atau objek foto yang bisa saja berbeda interestnya dari masing-masing orang.

Mengapa? Di jalur tour, leader dan tim lain kisahkan kearifan lokal masyarakat setempat, baik di cara bertani, pola tanam para petani Sembalun, adat istiadat yang telah dilaksanakan sejak lama juga kesenian dan tenunan khas Sembalun.

Meski sama-sama lahir di bagian timur pulau Lombok, banyak hal yang benar-benar baru bagi saya.

Misal, di salah satu tulisan lama saya di web rujukan traveling sobat travelers ini, sebagian besar wilayah Sembalun tak bisa ditanami pohon kelapa.

Namun, di sisi timur desa, tepatnya di sebagian wilayah desa Sajang yang juga terkenal sebagai penghasil kopi hitam, penduduk Sembalun masih bisa menanam pohon kelapa.

Di kisah lain, dua pokok pohon besar menjadi lokasi khusus karena spot pohon tersebut diyakini sebagai maqom atau petilasan salah seorang sesepuh desa – Betara Guru – yang dihormati.

Di samping itu, spot ini juga menjadi salah satu dari beberapa mata air yang wajib diambil airnya sebagai kelengkapan upacara adat Ngayu-Ayu.

Tak jauh dari tempat ini, satu pokok pohon besar juga masih sering dijadikan penduduk Sembalun sebagai tempat acara khusus keluarga.

Satu kerbau yang masih perjaka dipotong dan dinikmati bersama segenap keluarga besar. Wah, semoga suatu hari nanti saya berkesempatan hadiri salah satu dari momen tradisi masyarakat Sembalun ini ya.

Tentu juga ditambah ngobrol-ngobrol seru, memperkaya diri dengan nlai-nilai kearifan lokal pendahulu kita.

Spot-spot berikutnya yang dinikmati di tour sepeda one day trip seru di Sembalun, hutan bambu yang dekat juga dengan bukit Selong.

Ada juga kunjungan langsung ke rumah warga yang menenun tenunan khas Sembalun serta kelompok kesenian Gendang Beleq Rante Mas. Hiks, karena terlalu bersemangat selesaikan tour sepeda, saya menolak belajar memainkan alat musik terumpang.

Di rumah penduduk yang menenun, saya juga mengambil foto satu berugak yang umumnya sekaligus berfungsi sebagai lumbung di area dapur.

Satu tungku tanah dan tangkupan panci di para-para sederhana, persis di atas tungku. Ah, jadi kangen sangat dengan masa kecil saya di kampung keluarga besar.

Lekat dengan acara memasak dan makan bersama di berugak yang dekat dengan tungku tanah dan para-para berjelaga hitam.

Sudah hampir dua jam kayuh pedal sepeda, karena sudah berburu foto sejak pukul 5 pagi, back up baterai power bank, gadget dan camdig saya sudah bergaris merah semua.

Akhirnya, spot hutan bambu, desa adat Beleq dan pemandangan cantik di puncak Bukit Selong tersebar di gadget dan kamera rekan-rekan trip saya.

Tour yang mengesankan ini berlangsung 2 sampai tiga jam sobat travelers.

10 sampai 20 menit mengayuh lagi, travelers telah kembali di basecamp tour dan bisa istirahat sekaligus makan siang di resto favorit, misalnya di Nusantara Hotel and Restauran yang berada persis di samping kiri gerbang pintu pendakian Rinjani.

Paket tour sepeda ini bisa travelers dapatkan di harga 500K idr per pax dengan minimal pesepeda dua orang.

Worth it karena sepaket dengan guide serta porter bike, pun coffee break dan meals.Pengen ider sendirian dan suka menyasarkan diri? Sepeda juga disewakan 75K idr seharian travelers.

Puas dengan pemandangan serba cantik Sembalun, travelers pun bisa kembali ke bandara dan menunggu penerbangan malam kembali ke rumah tercinta.

Paket kopi hitam Arabica Sembalun, stick renyah daun mint atau strawberry segar hasil petik sendiri bisa jadi pilihan oleh-oleh dari Sembalun.

Sudah siapkan stamina, memori lapang dan baterai anti habis? Cuzz pesan tiket pesawat dan nikmati sehari penuh di Sembalun dengan mengayuh sepeda!!