Pantai Surga Lombok – Sebuah Surga Nyata di Ujung Timur

Juni 13, 2013
2 min read

Sesuai namanya, Pantai Surga tampak seperti surga kecil di bumi. Pantai Surga yang berlokasi di Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini berada di ujung sebuah teluk dan relatif terpencil.

Tetapi daya pikatnya melebihi kebanyakan pantai di Lombok. Terdapat dua tebing yang tinggi di bagian ujung-ujungnya.

Pantai utama yang panjangnya tak lebih dari 600 m terletak di tengah-tengah tebing adalah sebuah teluk berbentuk huruf U dan berpasir putih.

Berjarak sekitar 72 km dari Kota Mataram yang dapat ditempuh rata-rata selama 1,5 jam menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor.

Sayangnya, tidak ada akses angkutan umum yang menuju lokasi pantai yang amat indah ini.

Satu-satunya pilihan untuk ke pantai ini adalah dengan kendaraan pribadi.

Dari Kota Mataram kita mengambil rute Mataram – Cakranegara – Praya – Ganti – Sepapan – Jerowaru – Jor – Pamongkang – Ekas – Pantai Surga.

Jalan menuju ke pantai ini sebagian besar dikatakan terbilang baik, tetapi pada 5 km terakhir menjelang pantai berupa jalan tanah dengan kondisi kurang baik.

Pada musim hujan, jalan tersebut sangat sulit dilewati tetapi pada musim kemarau kondisinya sangat berdebu.

Di pantai ini kita bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, berenang, surfing, dan bisa juga mendaki salah satu bukit yang berada persis di samping kanan pantai untuk menikmati keindahan Pantai Surga dari ketinggian.

Di atas bukit ada sebuah berugak yang digunakan sebagai tempat bersantai untuk menikmati angin dan panorama laut.

Rasa akan lebih asyik apabila menikmatinya bersama pasangan.

Daya tarik utama Pantai Surga adalah ombaknya yang selalu diburu oleh para peselancar.

Segala jenis ombak dapat ditemukan di pantai ini, mulai dari yang biasa-biiasa saja hingga yang bergulung-gulung cukup tinggi.

Kalau Anda memang bernyali untuk menaklukkan ombak, sebaiknya datang antara bulan Juni sampai Oktober sebab pada bulan-bulan tersebut ombaknya sangat menantang untuk ditaklukkan.

Apabila ingin snorkeling atau berselancar, kita harus membawa perlengkapan sendiri karena tidak ada tempat penyewaan papan selancaran dan perlengkapan snorkeling.

Sumber : memobee.com

Baca Juga: Pantai Gerupuk, Sensasi Surfing nan Menantang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.