Pasar Seni Lombok Yang Dikenal Sebagai Mataram Art Zone

November 13, 2017
4 min read

Mengunjungi suatu daerah nggak lengkap rasanya tanpa pulang membawa souvenirs alias buah tangan. What about Lombok? Lombok itu adalah sebuah surga belanja, geng! Toko oleh-oleh ada dimana-mana. Pilihan dan harga pun beragam.

Salah satu kompleks oleh-oleh yang sudah cukup “tua” adalah pasar seni alias Mataram Art Zone di Sayang-Sayang, kelurahan Rembiga, Mataram. Kompleks yang dulunya lebih dikenal sebagai pasar seni Lombok ini sudah beroperasi sejak tahun 2001.

Semakin menjamurnya toko oleh-oleh, menjadikan kompleks ini nggak sepopuler dahulu. But trust me, oleh-oleh di tempat ini kece kok!

Lokasi art zone terbilang cukup strategis, hanya sekitar 2 km dari bandara lama (ex-bandara Selaparang). Meski demikian, masih banyak yang nggak ngeh dengan keberadaan kompleks ini, padahal lokasinya di pingir jalan. Sharp! 

Pohon beringin dan ketapang besar akan menyambut kita begitu sampai di lokasi art zone. Keberadaan pepohonan ini yang menjadikan suasana tetap adem meski terik matahari tengah menyengat. Info yang diadapat dari salah satu pemilik toko, ada 24 lokal toko yang masih beroperasi di art zone hingga saat ini.

Ragam oleh-oleh? You can get everything, here, at Art Zone! Kecuali buah tangan berupa makanan, hehe.. Saya sendiri merasa jenis oleh-oleh di tempat ini terbilang unik. Beberapa jenis produk tak pernah saya temukan di tempat lain.

Meski jumlah toko cukup banyak, hampir semua toko memiliki jenis barang tertentu yang tidak dijual di toko lainnya. Kalaupun ada yang sama, motifnya pasti berbeda.

Mau cari pakaian motif Lombok atau kain songket khas? Disini ada! Pilihannya memang tak sebanyak toko yang memang khusus menjual sandang khas Lombok, tapi boleh kok dicoba! Nggak cuma pakaian, ada juga tas-tas selempang khas Lombok-yang-memang-banyak-dijual-dimana-mana. You just have to choose one that fits your taste.

Kalau kita dapat menemukan kerajinan cukli, kerajinan gerabah atau rotan di banyak toko oleh-oleh lainnya (termasuk disini!), maka di Art Zone you can expect something different.

Ada sendok dan sutil kayu termasuk beberapa ornamen yang Lombok banget, seperti klotok sapi, lonceng yang biasanya dipasang di leher sapi. Legend banget.

Klotoknya berbahan kayu lho ya! Ceraken–tempat bumbu khas Sasak– juga ada disni dalam bentuk mini. Mainan zaman masa kecil dulu semisal gasing dan yoyo juga ada disini.

Di beberapa toko pasar seni Lombok saya juga melihat beberapa alat musik yang sudah dimodifikasi semisal gitar berbahan kayu. Ada juga alat musik tiup yang bentuknya memanjang.

What else? Ada gong sasak yang juga bahannya dari kayu. Cool! Hiasan dinding? Disini banyak! Mulai dari yang modelnya lukisan biasa sampai pajangan topeng muka atau motif tokek juga ada. Sesuai namanya, art zone, so it’s very artsy!

Bagi penyuka aksesoris, disini tempatnya di pasar seni Lombok juga bisa jadi surga aksesoris etnik untuk kalian. Pilihannya komplit plit! Gelang, kalung sampai cancin.

Lalu harganya bagaimana? Kalau teman-teman jago nawar, you can get them all from 15 k. Some of my necklaces collection are from here! Good quality, cheap price. Yang lebih mahal? Ada juga, hehehe. Beberapa toko di sini juga menjual perhiasan mutiara dan perak.

Dengan jumlah toko yang banyak di pasar seni Lombok dan pilihan yang beragam, art zone benar-benar bisa jadi one stop shopping zone dengan harga yang cukup ramah di kantong. Kalau perut mulai lapar, tinggal mampir makan di lesehan Taliwang Tifa.

Fyi, meski menunya hampir sama saja dengan lesehan taliwang pada umumnya, rasanya lumayan nampol di lidah kok! Well, I’ve tried it twice.

Oya, satu lagi yang unik di pasar seni Lombok! Di halaman art zone ada semacam bencingah mini yang biasanya dijadikan panggung seni. Biasanya ada pentas musik atau tari tradisional untuk menarik perhatian masyarakat sekitar dan wisatawan.

Semakin banyak pilihan wisata belanja di pasar seni Lombok, tentunya makin menguntungkan bagi wisatawan, dan tentunya jadi ladang asah kreatifitas bagi para pelaku usaha. Sedang di Lombok dan mau belanja oleh-oleh? Cusss ke Mataram art zone aja! 🙂

Baca Juga: Paper Craft Unik Ala The Griya Lombok, Solusi Sampah Kertas