Indahnya Pemandangan Air Terjun Benang Kelambu Di Lombok Tengah

Mei 4, 2015
3 min read

Lombok lagi Lombok lagi…………lombok itu keren ya ??? so pasti!….Yang bilang “Lombok itu doank disebut-sebut, emang apa sih yang ada di Lombok?”

itu termasuk orang kolot alias kagak tau segimana indahnya pulau Lombok yang dikenal dengan pulau seribu masjid ini yang sebenarnya…

kalian yang udah pada ke Lombok pasti ga akan mau meninggalkan jejak kaki dari pulau ini karna keindahan pulau nya dengan berbagai tempat wisata Lombok yang masih alami dan budaya Lombok yang begitu kuat.

Lombok memang lebih terkenal dengan banyaknya pantai yang sangat eksotik. tapi bukan itu saja, ada air terjun di lombok yang saat ini sedang banyak diminati oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yaitu Air Terjun Benang Kelambu.

Kelembutan Air Terjun Benang Kelambu yang Mengalir Menyerupai Kelambu atau Tirai

Air terjun benang kelambu merupakan salah satu dari berbagai wisata Lombok berupa air terjun yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Air terjun ini berada di kawasan hutan dan perbukitan yaitu di kecamatan Batu Keliang tepatnya di kabupaten Lombok Tengah.

Sepertinya pemberian nama “benang kelambu” pada air terjun ini dikarenakan pesona air terjunnya menyerupai kelambu atau gorden atau tirai dan lebih spesialnya memiliki tingkatan tersendiri.

ada 6 titik yang mengalir dan seolah-olah muncul dari rimbunnya tanaman.padahal air tersebut berasal melalui rongga-rongga tebing di setiap pancuran air.

suburnya tanaman yang tumbuh di pinggir tebing dapat menutupi celah atau rongga tersebut.

Karena hal inilah yang membuat curahan air yang jatuh tidak terlalu deras dan tidak membuat perih di badan, sehingga sangat cocok di gunakan sebagai tempat wisata pemandian sambil menikmati keindahan panorama alam serta menghirup udara segar yang ada di sekitar air terjun benang kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun ini, saya harus berpetualang ke dalam hutan dan sebelumnya harus membeli tiket masuk seharga Rp. 3000 per orang.

Menuju air terjun benang kelambu harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak dengan lembah bukit , disepanjang perjalanan bisa merasakan dan menghirup udara segar pegunungan yang sejuk serta nuansa alam yang masih sangat alami karena lokasi benang kelambu letaknya di tengah-tengah hutan yang hijau.

jalan setapak menuju Air Terjun Benang Kelambu,Lombok

Air Terjun Benang Kelambu merupakan tetangga dari air terjun benang stokel, letaknya tidak jauh dari air terjun benang stokel .

Oleh karena itu sebelum sampai di benang kelambu , saya harus melewati Benang Stokel Dulu.

Perjalanan dari Air Terjun Benang Stokel menuju Air Terjun Benang Kelambu ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menempuh jarak sekitar 1,5 km.

Begitu saya tiba di pintu masuk air terjun ini terdapat puluhan anak tangga yang harus di turuni dan saya melihat betapa keindahan alam yang mempesona.

Tangga menuju air terjun yang harus Di lalui

Perjalanan yang saya tempuh cukup melelahkan, namun suasana alam yang sejuk dan sangat hijau membuat saya merasa senang dan terbayarkan rasa lelahnya.

Ternyata Air Terjun ini bukan hanya di kunjungi oleh wisatawan local akan tetapi juga wisatawan mancanegara, seperti yang saya temukan sesampai di tempat ini.

Di sana saya bertemu dengan seorang bule yang didampingi oleh guidenya yang berasal dari Lombok juga.

Bule itu berantusias sekali menanyakan tentang tempat ini, sepertinya dia juga merasakan betapa indahnya wisata di Lombok ini.

Kurang lengkap rasanya datang ke tempat seperti ini tanpa berfoto-foto terlebih dahulu.

Ga nyangka banget, ternyata Air Terjun ini lebih indah dari cerita-cerita orang dan yang di bayangkan sebelumnya.

Ga bakalan nyesel kalo udah sampai di tempat seperti ini. Ayo Dong Ke Lombok !

Baca Juga: Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu