Liburan Ke Lombok Lanjut Piknik Seru Ke Pulau Paserang, Sumbawa

Januari 23, 2013
4 min read

Liburan memang sangat dibutuhkan untuk orang yang memiliki rutinitas padat. Karena dengan liburan selain memanjakan diri, juga tentu saja agar jiwa kita lebih sehat, otak kita juga lebih fresh untuk diajak bekerja lagi. hehehe… Weekend ini saya diajak teman untuk berlibur bersama.

Tentu saja girangnya bukan main, maklum makin hari makin padat rutinitas, saya makin merasa butuh sering piknik. Yang bikin girang lagi, liburan kali ini tidak hanya di pulau Lombok, tapi kami bakal nyebrang ke pulau Sumbawa. Yay! Tujuan kami adalah Pulau Paserang.

Pulau Paserang merupakan salah satu pulau atau semacam gili yang terletak di seberang pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Iya, kalau kalian yang sudah biasa mendengar pulau Kenawa atau Pulau Namo, nah pulau Paserang ini letaknya tidak jauh dari pulau Kenawa atau Namo.

Sekitar 20 menit dari pelabuhan Poto Tano dengan boat. Jadi pulau ini merupakan salah satu gugusan pulau-pulau cantik yang bertaburan di sisi barat pulau Sumbawa.

Bagi kalian ezytravelers menjelajah pulau Sumbawa setelah menjejak berkeliling pulau Lombok. Jadi backpacker ke Lombok, kalian harus nyobain untuk nyeberang ke pulau Sumbawa.

Di sana kalian akan mendapatkan banyak sekali pemandangan yang bikin berdecak kagum. Lombok memang pulau surga, tapi alam Sumbawa juga gak kalah seperti di surga.

Kalian bakal berdecak kagum sejak kapal akan menyandar di pelabuhan Poto Tano. Tentu saja dengan banyaknya pulau kecil atau gili, salah satunya ya pulau Paserang.

yeay!

Nah, jalan-jalan ke pulau Paserang jangan lupa bawa alat snorklingKecantikan bawah laut pulau Paserang bakal bikin kalian betah untuk snorkeling, berenang bareng ikan-ikan cantik dan tentu saja terumbu karang yang juga gak kalah cantik.

Itu adalah salah satu hal yang gak boleh kalian lewatkan kalau sudah pikinik ke pulau kecil atau gili yang ada di pulau Lombok atau di pulau Sumbawa.

enjoy the view

Siang itu, saya dan beberapa teman berangkat dari kota Mataram. Beramai-ramai tentu saja. Mirip rombongan para kaum haus piknik, dan emang kurang liburan.

Panas matahari gak bikin surut niat kami. Perjalanan sekitar 2,5 jam dari kota Mataram ke pelabuhan Khayangan, Lombok Timur. Tak terasa hari sudah sore, kami memarkir motor di pelabuhan kemudian berjalan kaki untuk menaiki kapal Ferry.

Yang bikin asik lagi, kami mendapatkan sunset dari atas kapal laut. Ini jadi sensasi tersendiri lho, kalau kalian naik kapal laut dan mendapatkan moment sunset di atas laut langsung. Epik!

Indonesia indah

Kapal merapat pada dermaga Poto Tano. Yay! Walau hari semakin petang, tapi tentu saja kami masih semangat untuk melanjutkan perjalanan ke pulau Paserang.

Tiba di pelabuhan, salah satu teman saya langsung bernegoisasi dengan salah seorang kapten boat yang bisa membawa kami menyeberang ke pulau Paserang. Negoisasi sudah disepakati.

Kami naik boat dari pelabuhan Poto Tano sekitar 20 menit, tentu saja dengan langit yang sudah gelap. Bersyukur sang kapten sudah ahli, jadi kami tidak khawatir.

hijauuuu 😀

Boat merapat pada dermaga kecil di pulau Paserang. Kami langsung mendirikan tenda. Riuh bersama teman-teman yang ramai, kami saling berbagi cerita, sampai dini hari dan kembali ke tenda masing-masing.

Paginya, voila, semua pemandangan pulau Paserang terlihat. Pulau dengan bukit yang memanjang, hijau dan begitu elok. Mata saya sangat terpukau. Laut yang biru, pantai pasir yang putih.

Saya segera membangunkan teman setenda saya untuk mengajaknya naik ke bukit di belakang tenda kami. Sedangkan teman-teman yang lain sudah terbangun dan sebagian dari mereka berjalan-jalan di laut yang sedang surut.

Sebagian langsung menceburkan diri dengan alat snorkeling mereka.

Kalau kalian tidak membawa tenda, jangan khawatir, di pulau Paserang sudah ada penginapan. Nah, untuk kalian yang ingin berkemah, di sana juga disediakan penyewaan tenda.

Cuma kalau lagi musim ujan, mending tidak usah tidur di tenda  deh, karena cuacanya dingin banget. Jadi, kalau udah menjejak ke Lombok, jangan lupa untuk menyeberang ke pulau Sumbawa. Heits, abis camping janga lupa sampahnya diberesin dan dibawa pulang!

Salam Cihuy~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.