Pulau Kenawa Sumbawa – Tetangganya Pulau Lombok

Desember 29, 2017
2 min read

Pulau Kenawa adalah satu dari sekitar 8 pulau kecil yang berada tepat dekat dengan pelabuhan penyebrangan Poto Tano, Sumbawa barat, NTB. Poto tano merupakan pelabuhan yang menghubungkan daerah ini dengan Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok.

Jika dari Mataram, Lombok, perjalanan menuju Pulau Kenawa dimulai dengan menempuh perjalanan darat dari Mataram menuju ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur yang bisa memakan waktu sekitar 3 jam dengan kendaraan bermotor.

Kemudian sampai di Pelabuhan Kayangan, selanjutnya adalah melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Poto Tano yang berada di Sumbawa Barat dalam waktu tempuh sekitar 1-2 jam.

Untuk menjangkau Pulau Kenawa wisatawan harus berjalan beberapa menit dari Pelabuhan Poto Tano menuju ke pelabuhan kecil dekat pemukiman warga yang menuju ke Pulau Kenawa.

Dari pelabuhan kecil ini wisatawan akan dibawa ke Pulau Kenawa dengan menggunakan kapal nelayan.

Untuk menyeberang ke Pulau Kenawa wisatawan perlu membayar sewa kapal nelayan sebesar 300.000 – 400.000 rupiah untuk perjalanan pulang pergi untuk maksimal 10 orang, sementara jika ingin menggunakan boat, wisatawan perlu merogoh kocek tentu lebih banyak lagi.

Dalam perjalanan menuju Pulau Kenawa wisatawan bisa menikmati pemandangan memesona gugusan pulau-pulau kecil yang dapat menemani 25 menit perjalanan menuju Pulau Kenawa.

Sesampainya di Pulau Kenawa, hal pertama yang menyambut kedatangan kita di pulau ini adalah jernihnya air pantai yang seakan menggoda wisatawan untuk menyelaminya.

Suasana tenang dengan suara angin yang meniup hijaunya padang rumput yang terhampar seluas mata memandang.

Beberapa suara pengunjung bersendau gurau menikmati sajian alam yang begitu elok nan mempesona, sejenak mengingatkan kita akan betapa maha seni tuhan menciptakan surga di pulau Sumbawa ini.

Namun, meskipun begitu indah, masih saja terdapat masalah, yaitu soal kurangnya kesadaran wisatawan akan kebersihan. Hal ini membuat tidak sedikit sampah yang berserakan.

Sampah memang menjadi masalah klasik yang kerap kali ditemukan. Ironis rasanya, melihat tempat yang indah harus tercemar akibat sampah.

Lebih jauh menjelajahi pulau seluas 13,8 hektare ini, pengunjung disuguhkan dengan perpaduan alam perbukitan, hamparan padang savana, serta birunya pantai yang membentang, menjadikan alam Pulau Kenawa begitu indah dan mengesankan.

Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini biasanya menghabiskan waktunya untuk berenang di pantai, snorkeling, beristirahat sejenak di sejumlah berugak, bahkan tak jarang juga ada yang berkemah di sela-sela padang rumput.

Tidak mau melewatkan pemandangan epik dan aktifitas-aktifitas seru tersebut? Yuk, langsung cusss ke surga kecil bernama Kenawa di pulau di Sumbawa.