Spearfishing Lombok Spot Favorit di Ujung Langit Pengantap

Januari 12, 2017
4 min read

Duh, nggak terasa libur panjang Natal dan Tahun baru sudah di hitungan jari sebelah tangan yaaa. Yakin deh travelers sudah seseruan libur bareng keluarga ke destinasi-destinasi favorit.

Ada yang ke Lombok juga? Wah, pasti destinasi favorit ke spot-spot pantai cantik dengan pemandangan alam terbaik sudah menjadi pilihan.

Sudah tahu juga kah kalau Lombok juga punya spot Spearfishing? Satu teknik memancing di perairan lepas dengan cara menembakkan anak panah, atau tepatnya dari alat tembak speargun.

Spearfishing Lombok? Why not.

Travelers nggak bisa menyelam? Stay cool.. Spearfisher partner akan sediakan waktu khusus untuk berikan shortcourse teknik menyelam dan pernafasan sederhana agar dapatkan pengalaman lakukan spearfishing yang mengesankan.

Meraih target ikan dan nyaman sampai trip selesai.

Di mana saja sih spot favorit spearfishing Lombok? Om Zen di akun FB @jabutwooden.speargun.3 berkenan luangkan kesibukannya temani berburu ikan target yang cukup dekat.

Batu Layar dan Bintaro di Ampenan Lombok Barat. Eh? Ampenan kota tua itu? Yup, benar sekali.

Melakukan persiapan trip dengan memastikan semua peralatan sudah siap, rombongan berangkat selepas sarapan yang hangat di salah satu sudut kota Ampenan.

Weatsuit, masker, fin, weight belt atau sabuk pinggul, juga speargun dengan tali pengamannya. Tiba di spot, dipandu om Zen, perlengkapan saya kenakan dan bersiap lakukan spearfishing pertama!

Mirip seperti aktifitas snorkelling, lakukan spearfishing juga terasa berada di dunia baru. Bagaimana tetap waspada dengan kondisi sekeliling sekaligus tetap berikan fokus pada ikan target.

Beruntung, speargun yang saya gunakan sudah semakin disempurnakan. Jadi, resiko mata panah yang ditembakkan memantul serta berbalik mengenai tubuh kita sudah semakin kecil. Jadi makin tenang deh berburu ikan-ikan target.

Tak terasa, sudah setengah hari saya berburu ikan target di spot Batu Layar dan habiskan sisa hari di spot Bintaro.

Meski tak dapatkan ikan-ikan target yang instragamable, rasanya sungguh puas bisa lakukan spearfishing. Alternatif wisata lainnya di Lombok.

Saat coffee break dan istirahat makan, saya tak bosan mendengar cerita om Zen tentang trip spearfishing Lombok di spot-spot lainnya.

Ternyata, dari sekian banyak spot teknik ini yang tersebar di Lombok, spot Ujung Langit di pantai Pengantap menjadi salah satu favoritnya.

Mengapa? Tentu saja karena target ikan dari sekian kali trip yang dilakukannya ke spot ini berhasil menembak ikan di atas 20an kilogram.

Bahkan pernah ia dapatkan ikan seberat 67kg! Itu pula alasan om Zen bisa sampai belasan kali lakukan trip spearfishing ke spot ini dalam setahun.

Boljug nih, memasukkan spot Ujung Langit untuk trip memancing di tahun 2022 nanti.

Oia, seperti hobiis lainnya, spearfishing juga beresiko bikin nagih looo.

Jika om Zen telah malang melintang antar tamu atau hobiis lainnya, salah seorang spearfisher yang saya temui di pelabuhan Labuhan Haji Lombok Timur mengaku wajib lakukan trip setiap wiken.

Hanya berbekal masker snorkelling, fin, wetsuit dan speargun, trip rutinnya selain karena memang sudah hobi, ikan yang diraih menjadi bonus serta oleh-oleh untuk keluarga yang menunggu di rumah.

Nah, travelers inginkan trip spearfishing sekaligus spot dengan nuansa alam cantik? Di atas om Zen sudah bagikan rahasia spot favoritnya di Ujung Langit pantai Pengantap di garis pantai selatan Lombok yang terkenal cantik-cantik.

Nih, tambah contekan spot lain untuk target destinasi berikutnya yaaa: ada Bangko-Bangko di ujung barat Lombok plus spot surfing.

Obel-Obel di sisi timur pulau dengan siluet Rinjani dan Gili Sunut yang sudah diulas spot wisata oleh kontributor lainnya di web travel lengkap rujukan travelers ini.

Seperti biasa, jangan bosan saya ingatkan yaaa..

Travelers harus benar-benar dalam kondisi fit jika yakin memilih lakukan trip spearfishing. Patuhi arahan dan panduan dari spearfisher partner.

Konfirmasikan jika memiliki penyakit khusus dan mintalah perlengkapan safety standar yang biasa travelers gunakan di aktifitas perairan.

Semuanya sudah di lampu hijau? Jangan lupa gadget underwater terbaik untuk abadikan momen berburu ikan targetnya yaaa.

Happy holidays!!