7 Spot Wajib untuk Berfoto Ketika Mendaki Gunung Rinjani

By Depz
Agustus 11, 2017
3 min read

Gunung Rinjani, siapakah yang tak mengenal gunung cantik satu ini ? Gunung yang berlokasi di Pulau Lombok ini adalah gunung vulkanik (berapi) aktif tertinggi kedua di Indonesia.

Gunung dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu gunung impian para pendaki.

Ga afdol mengaku sebagai pendaki kalau belum pernah ke Gunung Rinjani Begitu kira-kira idiom yang kerap terdengar diantara para pendaki.

Saking cantiknya pemandangan di Taman Nasional gunung Rinjani ini, Bule-bule mancanegara aja berlomba-lomba mendatangi Gunung ini.

Mengutip ungkapan seorang sahabat yang sudah mendaki beberapa gunung di Indonesia, Gunung Rinjani adalah gunung yang paling fotogenic.

Kalau kamu sama sekali belum pernah mengunjungi Gunung ini, segera jadwalkan cuti atau liburmu. Sediakan setidaknya 3-5 hari untuk membuktikan sendiri keagungan dan kecantikan Gunung yang kerap juga disebut Dewi Anjani.

Untuk menceritakan perjalanan selama mendaki Rinjani sih rasanya udah banyak dibahas di Hellolombokku ini. Kali ini webblog ini akan berbagi 7 Spot Wajib untuk berfoto ketika mendaki Gunung Rinjani – Lombok.

Kenapa “wajib” berfoto-ria di spot ini? Semata-mata karena spot-spot ini keceh abis. Rasanya rugi untuk tidak mengabadikannya dengan mata kamera anda (Selain mengabadikan dengan mata kepala sendiri yah 😀 ).

Spot-spot apa saja itu, ini dia ke-7 spot itu :

  1. Padang savana sembalun
    Hamparan permadani alam terbentuk dari padang rerumputan dan ilalang hijau yang menyegarkan mata ini berada tak jauh dari titik start jika kita memulai penanjakan dari Pintu Masuk Sembalun.

    Padang savana Sembalun akan menemani perjalanan hingga pos 2. Background bukit-bukit hijau dan padang savana ini mengingatkan kita akan “bukit teletubbies” yang ada di serial anak beberapa tahun yang lalu.
  2. Pelawangan Sembalun
    Pelawangan sembalun adalah titik “persinggahan” jika pendaki ingin muncak atau turun ke danau. Pemandangan di pelawangan ini dijamin akan membius anda.

    Salah satunya adalah penampakan danau segara anak nun jauh di bawah sana. Momen ajib lainnya adalah Ketika berkabut menutupi danau, kita laksana sedang berada di negeri di balik awan.
  3. Kebun-kebun bunga edelweis
    Spot yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah ketika berada di kebun-kebun edelweis. Biasanya kebun-kebun ini dapat ditemukan dengan mudah ketika jalur Pelawangan Sembalun-Danau Segara Anak. Eits ingat ya… berfoto boleh, dibawa pulang jangan!!!
  4. Danau Segara Anak
    Selain berkemah dan memancing, aktifitas lain kita sedang berada di Danau Segara anak tentunya adalah mencari angle terbaik untuk merekam keindahannya. Berlatar Gunung Baru Jari dan birunya air danau segara anak, dijamin foto kalian akan sangat “like-able” di socmed 😀
  5. Batu Ceper
    Batu ceper ini memiliki salah satu sudut terbaik untuk menikmati danau segara anak dari atas. Posisinya berada di tengah-tengah pelawangan senaru dan danau. View dari sini ajibbbb punya coyyyy…. 😀
  6. Pelawangan Senaru
    Seperti halnya pelawangan sembalun, pelawangan senaru pun sangat fotogenic. View paling keceh adalah ketika sore hari kita dapat menyaksikan siluet tiga gili ( gili trawangan, gili meno dan gili air ) dari kejauhan.

    Para pemburu foto landscapper atau selfie-mania dijamin menikmati spot pelawangan senaru ini.
  7. Puncak Rinjani
    Last but not least pastinya ya Puncak Rinjani. Berpose di ketinggian 3726 mdpl akan menyempurnakan perjalanan pendakianmu.

    Di sini kamu semua rasa akan membuncah. Bangga, haru, puas dan bahagia! Siapkan pose terunik dan terkerenmu. Tentunya dengan memperhatikan keselamatan yahhhh 😀

Itu dia, setidaknya 7 spot di Gunung Rinjani yang “haram” kamu lewatkan tanpa jepret-jepret.

Oh iya, sekali lagi. Kalau ke Rinjani jangan pernah merusak alam, membawa edelweis, mengganggu ekosistem, bawa pulang sampahmu. Okeh? 😀