Spot Wisata Keluarga Baru, Lombok Elephant Park

Juli 18, 2017
3 min read

Jika liburan akhir tahun sampai beberapa akhir pekan panjang di bulan-bulan awal 2022 sudah ngetrip ke pantai-pantai cantik, view serba indah di destinasi wisata pergunungan, yuk diselingi dengan spot wisata keluarga.

Di Lombok, tepatnya desa Sigar Penjalin kabupaten Lombok Utara, telah dibuka Lombok Elephant Park (LEP). Obviously ada gajahnya dong ya? Faktanya, LEP lebih mirip sebagai Taman Margasatwa mini Ezytravelers.

Selain gajah, terdapat beberapa satwa unik lain. Sebut saja Kuda Nil mini, burung Jalak Bali, burung Rangkong, Beruang Madu, serta sepasang orang utan. Biar penasaran, sisa satwa lainnya saya rahasiakan yaaa.

Terletak di desa Sigar Penjalin Kabupaten Lombok Utara, LEP berjarak hanya sekitar 30 menit berkendara dari perempatan femes Pelabuhan Bangsal Pemenang, pelabuhan penyeberangan menuju Gili Trawangan, Meno dan Air.

Perhatikan saja sisi kanan jalan raya, ada papan petunjuk jalan yang sayangnya menghadap arah timur. Ekstra waspada perhatikan papan petunjuk jalannya ya.

Khawatir nanti kebablasan. Patokan lain, lokasi masih setengah jam perjalanan bermobil dari kota Tanjung, ibukota kabupaten Lombok Utara. Jadi, kalo sampai kota Tanjung, pasti LEPnya sudah terlewat tuh..

LEP semakin melengkapi pilihan spot wisata keluarga di Lombok. Trip setengah hari sudah cukup untuk kelilingi kompleks sekitar 13 hektar ini. Koleksi hewan lainnya juga cukup banyak sebagai rujukan pengetahuan langsung bagi keluarga, terutama anak-anak.

Rasa kangen menahun saya untuk bisa melihat rusa akhirnya tertebus juga. Meski hanya ada seekor, bisa jadi obat kangen ketimbang nyebrang dan perjalanan darat lagi ke Dompu, demi melihat langsung sepasang rusa milik peternak.

Saya berkesempatan kunjungi LEP bersama rombongan tamu dari Semarang. Satu keluarga kecil dengan putra berusia 2 tahun yang sangat suka gajah dan seorang teman kerja lainnya dari Salatiga.

Tiket promo di bulan Maret lalu seharga 50K idr untuk dewasa dan 30K idr untuk anak-anak dan kini hanya naik 25K idr untuk dewasa serta pas 50K idr untuk anak-anak.

Untuk naik gajah atau disebut sebagai Paket Safari, dikenakan tiket terpisah seharga 150K idr untuk dewasa dan 125K idr untuk anak-anak. Biar makin komplit, LEP juga sediakan souvenir T-shirt bergambar kartun gajah yang lucu diharga 150K Idr.

LEP dibuka sejak Maret lalu serta bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 6 sore dengan pembelian tiket terakhir pukul 5 sore.

Spot wisata keluarga baru Lombok ini bisa banget koq diakses menggunakan angkutan umum. Ongkos sekitar 10K idr per orang dari terminal Bertais Mandalika di Lombok Barat, turun langsung di ujung gang masuk LEP.

Sayangnya, jarak 2.5 km dari mulut gang mungkin cukup jauh untuk anak-anak. Jadi, bisa dipertimbangkan untuk berwisata bareng keluarga dengan bemo carter atau bis mini.

Yang paling berkesan bagi saya saat kunjungi LEP, interaksi yang nyaman bersama satwa yang ada di spot ini. Beberapa penjaga atau pawing khusus dari berbagai macam satwa juga ramah dan asyik diajak ngobrol seru tentang polah tertentu beberapa satwa.

Misal, si Vincent, orang utan jantan, pasangan Tessy yang anteng dan sering tersenyum. Vincent kerap mengundang tawa pengunjung karena tingkahnya yang tiba-tiba tiarap karena ngambek, tak diberi cemilan meski sebenarnya telah sarapan pagi.

Ada juga beberapa ekor beruang madu yang begitu sulit difoto, karena sibuk blusukan mencari makanan di sarangnya. Oia, matikan selalu semua fitur blitz pada kamera atau HP kamera travelers yak.

Dikhawatirkan efek kilat sesaat dari lampu blitz bisa menganggu para satwa.

Nha, contekan trip asyik ke LEP sudah lengkap nih. Hanya tinggal intip jadwal libur travelers. Tips ekstra, karena lokasi spot wisata keluarga LEP yang dekat dari pelabuhan Bangsal Pemenang, bisa banget tripnya digabung dengan kunjungan singkat ke Gili Trawangan.

Seru kan? Sudahlah touch down Gili Trawangan, sisa hari ditutup dengan Paket Safari naik Gajah di LEP. Susah buat nggak tergoda ya