Berwisata Bareng Sahabat di Air Terjun Senaru Lombok

In Bayan
Desember 16, 2017
2 min read

Hello sobat traveler, siapa sih diantara kalian yang gak ingin berwisata ke Pulau Lombok. Apalagi kalo berkunjung bareng sahabat-sahabat kalian yang gokil-gokil, tentu trip kalian akan bertambah seru ribuan kali.

Dijamin deh. Nah, buat kalian yang ingin berwisata ke Lombok bareng sahabat, nih salah satu referensi destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Namanya Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun Tiu Kelep.

Terletak di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, dari Mataram kalian memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk menuju Desa Senaru. Ada dua alternative jalan, kalian bisa lewat Senggigi atau melewati Hutan Pusuk.

Jika melalui Senggigi, jalurnya lebih panjang. Tapi buat kalian yang hobi sama laut, view di jalur ini keren banget. Sepanjang perjalanan kalian bisa melihat laut biru dengan pantai yang indah. 

Nah, kalo kalian lewat Pusuk, kalian akan menemui jalan berliku khas pegunungan. Tapi ada bonusnya lho. Hutan Pusuk itu terkenal dengan monyetnya yang jinak. Ya, sepanjang perjalanan kalian akan melihat monyet-monyet yang sedang hang out di pinggir jalan.

Setibanya di Desa Senaru, parkir kendaraan kalian dan bersiaplah menuju gerbang masuk. Disini kalian harus membayar tiket masuk sebesar 5000 perak per orangnya.

Selanjutnya berjalan menyusuri tangga. Treknya sih menurun dan ditempuh selama kurang lebih 5 menit saja. Tadaaa. Indahnya Air Terjun Sendang Gila akan menyambut kalian begitu selesai dengan urusan anak tangga.

Setelah puas di Air Terjun Sendang Gila, disini letak kelelahan itu dimulai, karena kalian harus berjalan kaki selama 20 menit untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep. Tapi jika bersama sahabat, dijamin gak capek dah. Hehe.

Air Terjun Sendang Gila berarti macan yang gila. Konon, pertama kali air terjun di lombok ini ditemukan karena masyarakat setempat sedang mencari macan yang sering merusak perkebunan mereka.

Tapi tenang, sekarang macannya udah gak ada kok. Dan air terjun Tiu Kelep, berarti air terbang. Dinamakan seperti itu karena percika airnya begitu deras. Jadi meskipun kamu gak niat mandi, kalo dekat-dekat air terjun ini dijamin basah deh.

Okey, untuk mengakhiri tulisan ini, sedikit tips dari saya, jika kalian baru pertama kali ke tempat ini, sewalah guide local untuk menunjukkan kalian jalan. Selain itu, jangan buang sampah sembarangan ya traveler

Baca Juga: Otak Kokok, “Air Terjun Mini” di Lombok Timur